Senin, 29 Oktober 2018

KULIAH DI TEKNIK SIPIL

Oke sebelum kejudul yang ada diatas, sebenernya gw gak mau tulis Blog lagi sebelum blog tentang Freediving selesai, nyatanya untuk menyelesaikannya susah bangat ngumpulin foto pribadinya, alhasil malah ketumpuk di bawah.

Sebenernya entah kenapa gw lagi suka kepoin tentang kampus gw sendiri, malah ketemu akun-akun mulai dari blog, youtube atau vlog yang lagi mulai naik daun, dllnya.

Sebelumnya blog ini bukan untuk PAMER atau SOK PINTER tapi memang ini yang terjadi

kenapa gak bikin Q n A tentang judulnya di youtube aja??
Pertama, gw gak begitu percaya diri di rekam, apalagi pas ngeliat youtube isinya muka gw, mau ketawa sendiri, kedua gak ganteng (alesan) ketiga gw gak bisa editnya wkwkwkwkwkwkk. sebenernya mau buat vlog tapi terbatas dengan editing jadi maih mengurungkan niat. beberapa hari ini gw nemu banyak bangat vlog tentang Teknik Sipil kampus gw yang buatan angkatan baru-baru ini yang lagi asik-asiknya bangga menjadi masyarakat teknik sipil "SELAMAT" (ketawa jahat).

Tentang judulnya nih sekarang, KULIAH DI TEKNIK SIPIL, yup teknik sipil. kenapa harus teknik sipil? dan bagaimana kuliah di teknik sipil? kesan pesannya kuliah di teknik sipil. oke sekarang kita mulai.

Sekilas masuk menjadi masyarakat Teknik Sipil

sekarang tahun 2018 dan udah 3 tahun semenjak gw Lulus dari Teknik Sipil dan udah 8 tahun gw pertama masuk jadi masyarakat Teknik Sipil, yuppp gw lulus itungan tahun 5 tahun sedangkan sebenernya gw kuliah 4 tahun dan sisanya nganggur karena belom ada acara wisuda.

Gw masuk Teknik Sipil sebenernya lewat jalur PMDK dari SMA, PMDK itu Penelusuran Minat Dan Kemampuan semacem jalur prestasi gitu, gak pake test atau repot-repot nyari kesana kesini, tiba-tiba ada aja surat gw keterima di universitas ini. jadi gw gak mikirin lagi harus universitas mana dimana kapan ujiannya, sampe gw gak mikirin SIMAK UI yang saat itu udah terlanjur bayar pendaftaran, gw cuma masuk ruangan corat coret dan gak keterima wkwkwkwkwkwk, sama halnya dengan UMPTN udah gak mikirin lagi.

jadilah gw terdampar di Purwokerto, sebuah kota kecil nan memikat, dengan hamparan sawah, gunung slamet yang terlukis samar di balik birunya awan, udara nan segar masuk ke relung jiwa hingga. dan semua itu sirna ketika gw sampe rektorat dan dapet info bahwa kampus gw adanya di Purbalingga atau sekitar 21 KM dari Purwokerto, sedikit down iya, beda jauh dengan Purwokerto. Purbalingga cenderung panas, sepi, pasti banyak sawah dan ujan gede dikit mati lampu, iya mati lampu, gw gak mau berkomentar banyak soal ini.

sepulangnya di rumah gw sedikit kecewa karena, ya seperti itu (ini gw skip dulu)

sebenernya jurusan yang gw idam-idamkan adalah :
pertama Dokter Umum, semua sirna karena biaya masuk yang sedikit gak masuk akal mahal bangat. kedua Arsitektur mungkin yang selama ini dalam fikiran gw, dan sayangnya di UNSOED (UNiversitas jenderal SOEDirman) gak ada jurusan Arsitektur, dengan bingung gw masuk Teknik Sipil dengan harapan sama, mendesain sebuah bangunan dan diwujudkan secara nyata, nyatanya Teknik Sipil dan Arsitektur gak sama jauh beda (nanti ya gw ceritainnya). disitu gw merasa menyesal dengan semua keputusan yang gw ambil.

sambil bersujud memohon pertolongan dari Allah SWT hingga air mata berderai untung gak ada azab-azab gitu (ini lebai) udah deh lebai-lebainya langsung ke QnA aja.

KENAPA MASUK TEKNIK SIPIL UNSOED

Kejeblos gak sengaja, karena gak ada jurusan yang di idam-idamkan.



BERAPA BIAYA MASUK TEKNIK SIPIL UNSOED

Biaya masuk seinget gw Rp. 9.750.000 gak sampe sepuluh juta dan biaya persemesternya habis Rp. 1.750.000 untuk semester 1 sampai dengan 6 dan sisanya Rp. 1.250.000 itu karena ada biaya praktikum. dan cara pembayarannya cukup modern dengan cara transfer, gak harus bayar langsung, dan perlu diingat itu harga pas gw masuk kuliah tahun 2010, sekarang udah beda karena UKT.

BIAYA HIDUP SELAMA DI UNSOED

Biaya hidup, di Purbalingga tergolong murah
1. Biaya Tinggal Rp. 2.500.000/ tahun di kamar kos petakan (fasilitas : kamar ukuran 3,5x3 meter persegi, kamar mandi (exclude ukuran kamar) adanya di dalem, kasur, bantal, ranjang, meja belajar, dan lemari disini listrik bayar sendiri sistem patungan perbulan patungan Rp.50.000 karena listrik aktif 24 jam termasuk laptop TV dllnya, gak tau kalau air karena gw gak pernah bayar)
2. Biaya Hidup gw dari orang tua dapet Rp. 300.000/ minggu atau Rp. 1.200.000/bulan cukup murah (karena disana makan dengan Rp.5000 sudah dapet nasi sepuasnya, sayur, sambel dan gorengan sebiji, kalo mau pake ayam atau ikan bisa tambah Rp. 2000, harga bisa untuk pagi dan siang, untuk malam beda harga dan lebih mahal kisaran Rp.10.000 ~ Rp. 15.000 karena makanan warteg udah mulai gak rekomended, selain abis udah dari siang biasanya, uang abis biasanya untuk fotocopy, beli buku, wisata, dan nonton)

bisanya kalo tambahan pengeluaran ya kayak wisata, atau nonton (ada bioskop dong) service motor atau kalo ada pengeluaran mendadak di organisasi.

PARIWISATA DI SEKITAR GIMANA?

sebelum ngomongin yang sedikit pait, coba kita omongin yang manis-manis dulu, kayak kamu iya kamu siapa, gak tau wkwkwkkwkw..

Wisata di Purwokerto itu biasanya gw ke Baturraden, kurang tau juga wisata di Purwokerto karena gw lebih tau di Purbalingga, di purwokerto sendiri palingan ada Alun-alun yang sekarang ada mall besar Rita Super Mall atau Tamara Plaza atau kalo mau belanja bulanan murah di Moro semacem Carefour atau Transmart gitu.

Wisata selanjutnya gw sering ke Pantai Menganti di perbatasan antara Banyumas dan Kebumen itu termasuk Goa Petruk Dll nya. harga masuknya lupa berapa, sekitar 1,5 jam perjalanan lumayan untuk touring rame-rame. Bukan pantai untuk berenang, karena banyak bangat karangnya tapi lumayan buat duduk-duduk di pinggirannya atau warung-warung deket situ, ada mercusuarnya juga dan perkampungan nelayan yang masih tradisional bangat.

Wisata di Purbalingga yang pertama itu gw sering ke Alun-Alun walau gak ada apa-apanya, trus juga sering ke Taman Reptil (cuma sekali), Aquarium Purbayasa (miniaturnya Seaworld Tapi air tawar) gw suka kesini sering malah, karena suka sama ikan, gak cuma itu ada burung, rusa dllnya, kolam renang owabong yang happening bangat waktu itu, semacem waterboom gitu wkwkwkwkkwkw, tapi gw sering ke kolam renang Tirto Asri (Walik) selain murah airnya tanpa kaporit, gw renang disini mulai dari masih jelek sampe sekarang udah berkembang dan bagus. Daerah Serang, bukan Serang Banten ya, tapi emang ada wilayah Serang di Purbalingga, dulu ada kebun strawberry, kalo lagi panen suka banyak di pinggir jalan yang jual murah sekitar 1 jam dari kampus UNSOED, banyak perkebunan sayur semacem di puncak bogor gitu, dari situ kita bisa langsung menuju ke arah tempat wisata Goa Lawa yang terkenal bangat dan enak untuk wisata bareng-bareng temen atau keluarga. kalau curug banyak dan gak inget namanya, sampai ada yang gak perlu bayar masuknya karena masih asri bangat gak banyak orang tau.

atau bagi kalian yang suka dengan rambut palsu dan bulumata palsu, bisa cek atau cari-cari di desa wisata penghasil bulu mata dan rambut palsu. karena Purbalingga terkenal dengan itu semua.

REKOMENDASI MAKANAN

WARUNG NASI

1. Bu Siti, adanya persis depan kampus Teknik sambel ijonya enak
2. BuMur atau Bu Murah katanya tapi gw gak tau deh apa artinya ini beneran murah dan enak banyak jenisnya
3. Boga Sari, karena depan kosan temen (skip)
4. WaPut (Warung Putih) dulu masih pake bilk bambu di cat putih sekarang udah di bata sama di semen wkwkwkwkwk, gak tau namanya apa jadinya, ini warung nasi pertama tempat gw makan bareng keluarga (tongkol dan orek tempenya enak rasanya rumahan bangat)
5. Bu Bohay gw gak ngerti kenapa dinamain kayak gini, disini banyak lauknya jenisnya
6. Warteg Terminal Lama, yang bikin enak ada oseng kerang, kepala ayam di cabeinnya enak
7. Bu Damai, karena ada Wifinya wkwkwkwkkwkw.

TEMPAT MAKAN LAIN
1. Bivack, sampe sekarang masih kangen mau makan, semuanya enak pokoknya
2. Nasi Uduk Terminal Lama, murah, ayam nya gede dan sambelnya enak
3. DEPUS (Depan Kampus) tempat pertama makan dikala malam hari, pecel lele gitu, tapi yang bikin enak lele bakar sama tahu bakarnya.
4. Angkringan Depan Segamas, ini langganan dikala gw gabut kemana-mana
5. Sate Ayam deket taman makam pahlawan, cuma satu2 nya soalnya.
6. Nasi Goreng Kambing, lupa dimana tapi samping jalanan gede gitu, dan rasanya lebih enak, entah nasgor kambing atau nasgor spesialnya.
7. Pecel Lele Alun alun, mahal si tapi enak wkwkwkkwkwkw
8. Ayam Penyet Suroboyo, tau lah dimana tempatnya, rekomendasi dari gw itu lele bakar, oseng kikilnya enak, tapi kalo mau murah enak itu beli paket nasi ayam tepungnya (potongannya gede) trus beli sambel penyetnya.
9. Nasi Goreng Flamboyan, bagi gw nasi goreng ini simpel nya itu nasigoreng biasa cuma ditambah toping, dibilang enak gak begitu tapi lumayan, murah dan banyak.
10. Sop Ayam Klaten Pak Min, enak kalo lagi dingin-dingin gw lebih suka yang uritan.
11. Sate Blater (Samping Pak Min) jadi bisa pesen sekaligus.
12. Sop Duren Kombinasi Pak Kasdi, deket jembatan sungai Klawing (cobain aja deh enak bangat pokoknya)
13. Soto Daging depan SMA 1 Purbalingga, kearah Padamara, murah enak banyak (semboyan anak kos)
14. Bebek Goreng H Slamet
15. Gudeg (entah namanya apa, masuk ke gang gitu) setelah Ayam Penyet Suroboyo deretannya ada gang masuk, nah disitu gak jauh dari masuk.
16. Tahu Gecot makanan khas purbalingga atau banyumas gw gak begitu tau, tapi ini enak buat sarapan, adanya di belakang kosan gw (Kos Kemuning).
17. Wedang Ronde Alun-alun, gw kesini kalo seluruh anak unsoed pada sibuk belajar, enak buat ngegalau gitu.

mungkin segitu aja kalo mau dijabarin semua banyak bangat gw juga udah lupa lokasi pastinya..

AKTIFITAS YANG BIASA DI LAKUKAN KALAU LIBUR

aktifitas, kalo weekday selain kuliah main ke kosan temen biar ada kegiatan atau jalan-jalan keliling purbalingga.

sabtu minggu biasanya gw pagi ke pasar beli kue pasar yang enak bangat, atau ke sunmor gitu beli sarapan, selesai itu gw jalan-jalan terkadang gw suka sendirian jalan ke daeran Serang trus pulang lagi, atau ke purwokerto lewat daerah padamara trus pulang lagi, atau kalo kegabutan yang hqq gw ke banyumas makan di tempat makan gitu, abis itu pulang udah laper lagi. wkwkwkwkwk.
pernah gw ke pantai menganti sama Indah subuh-subuh ketika matahari belom keliatan sinarnya udah ke menganti, pulang-pulangnya gw sakit tipes wkwkwkwkkwk, juga terkadang gw suka renang walau sendirian.
atau nanjak gunung prau, nanti gw kasih link nya di bawah.

SUKA KANGEN KELUARGA GAK?

Kangen Keluarga itu setiap harinya kangen keluarga, 1 tahun pertama adalah masa-masa sulit gw, ini jujur paling sulit, karena disitu gw ngerasa sendiri, gak punya temen dari jakarta atau keluarga, terlebih kalo samping kos ada orang tua yang lagi nengokin dan gw gak, itu rasanya yasudah lah. atau ketika temen-temen pada balik ke rumah dan gw cuma di kosan sendirian, gak punya temen gak ada kegiatan. karena selama gw kuliah nyokap itu nengokin di akhir perkuliahan gw doang, itu pun pas gw sakit saking stress nya kuliah karena selama 1 semester penelitian gw ancur.


PERTAMA KALI KULIAH DI TEKNIK SIPIL


Semacem first impreson gitu ya, jadi pertama kali gw kuliah di teknik sipil itu bingung, kenapa bingung karena gw sama sekali gak tau teknik sipil itu apa, bahkan gw masuk ke universitas ini kan enamg keceblos gitu jadi sampe sekarang pun masih sedikit bingung. tapi untuk overall teknik sipil itu dipilih bagi mereka yang punya mental baja, mau belajar hal baru dan mau bersenang-senang.

MATA KULIAHNYA SUSAH GAK?

susah gaknya kuliah mau dimanapun sebenernya persepsi menurut gw, kenapa persepsi sebenernya susah itu datengnya dari diri sendiri, jujur selama kuliah di teknik sipil, gw belajar serius cuma bisa di itung jari, sisanya cuma gangguin orang belajar, belajarnya gw juga maunya di bacain gw dengerin wkwkwkwkwk (gak tau diri). tapi yang susah itu sebenernya ngalahin diri sendiri, bagaimana caranya kita berfikiran terbuka, bagaimana caranya kita ngelawan rasa males, ngelawan rasa takut dengan soal dan bagaimana kita melawan takut nilainya jelek, soalnya hal gitu yang bikin pas ujian dan pendadaran itu ngeblank.


gw aja cuma dikasih waktu 3 hari seinget gw untuk pendadaran, bayangkan 3 hari semua pelajaran harus masuk ke kepala gw, gw cuma ikutan belajar doang, palingan sama orang-orang dengerin yang lain cuap-cuap karena jelasin pelajaran. diluar itu gw ke Alun-alun makan wedang ronde kalo malem, selanjutnya masuk ruang pendadaran.. kenapa bisa sebegitu beraninya? karena kampus membutuhkan mahasiswa yang lulus untuk menaikkan akreditasinya, mau bagaimanapun kita pasti di lulusin. keren gak pemikiran gw tuh. tapi bener gw orangnya jarang belajar.

kalau dipaksa jawab (lah ini pertanyaan sendiri jawab sendiri) jujur pelajaran teknik sipil itu lumayan susah, harus kuat itungan dan logikanya berjalan, karena semuanya pake logika kenapa bisa begini kenapa bisa begitunya. jadi bagi temen-temen yang mau masuk teknik sipil kudu siap mental (bukan nakut-nakutin) tapi teknik sipil sendiri mengajarkan kita pengetahuan yang gak bisa didapet dengan membaca buku. contoh kita bisa belajar bodyrafting ketika praktikum hidraulika, belajar pake molen ketika praktikum beton, belajar tentang kesabaran di praktikum mekanika tanah untuk konsolidasi, jadi memang hal-hal yang jarang kita lalukan dirumah di teknik sipil bakalan kita lakukan.

MATA KULIAH FAVORIT?

Mata Kuliah Favorit gw itu Gambar Rekayasa (entah namanya apa sekarang yang gambar pake rapidograph semester 1), Gambar Struktur Bangunan (SGB) tugas besar, kenapa tugas besar? karena kita mendesain mulai dari fondasi sampai ke atap (tidak dengan itungan kekuatannya) dan dimata kuliah ini gw juga jadi asisten dosen dongsss.. sama matakuliah Mekanika Rekayasa atau MR 1-4 kalo gak salah tapi sekarang udah berubah jadi Analisis Struktur atau AS 1-3 kenapa?? karena gw gak pernah ngulang di matakuliah ini dari 1-4 wkwkwkwkwkwk.

MATA KULIAH PALING SUSAH APA?

Mata Kuliah Paling susah itu Statistika, wkwkwkwkwk matakuliah yang semua jurusan dapet, kenapa gw gak suka, karena gw dibuat nangis dengan matakuliah ini, dan di semester yang ada matakuliah ini gw dapet IP paling rendah. Nangis? karena gw gak bisa sama sekali.


DOSEN DI TEKNIK SIPIL GIMANA?

Dosen Di Teknik Sipil Unsoed yang gw bahas, semuanya asik selama gw kuliah disana, gak ada yang jahat atau pelit nilai malah kebanyakan mereka memotivasi mahasiswanya, yang gw tangkep adalah karena rata-rata dari kita seangkatan kebanyakan jauh dari orang tua makannya dosen juga menjaga psikologi mahasiswanya.


Just For Your Information aja, gw satu angkatan itu pertama masuk sekitar 80 orang gak sampe 100 orang, makin mendekati kelulusan makin menciut makin dikit, ada yang keluar karena pindah jurusan, pindah universitas, bahkan ada yang putus asa karena kesusahan.

INDEKS PRESTASI PALING RENDAH?

IP paling rendah gw saat itu 2,00 itu karena beberapa mata kuliah gw belom paham sama sekali terlebih kalkulus yang membuat gw sampai nangis (cerita nya nanti yak), namun nyatanya dengan IP segitu gw masih bisa menaikkan IP di semester selanjutnya.

PERBEDAAN ARSITEKTUR DAN TEKNIK SIPIL APA?

sebenernya Teknik Sipil dan Arsitektur itu sama-sama seputar bangunan, sama-sama merancang, sama-sama mendesai, sama-sama menggambar. tapi yang membuat kedua Ilmu ini berbeda adalah konsentrasinya, kalau Arsitektur lebih terkonsentrasi oleh Keindangan bangunan Teknik Sipil konsentrasinya ke kuatan bangunan nya, dari badai, gempa bumi, dan berat bangunannya sendiri. sama-sama mendesain, benar sama Arsitektur mendesain fungsional suatu bangunan sedangkan Teknik Sipil mendesai efektifnya sebuah bangunan. benar sama-sama menggambar tapi beda yang di gambar, kalau kita fokuskan ke gedung misalnya Arsitektur akan membuat desain yang indah meliuk dan segala macemnya, tapi Teknik Sipil akan membuat gambar bagaimana penulangan platnya, atau penulangan kolom atau rangka bajanya dllnya. kalau memang tertarik dengan struktur, mungkin Teknik Sipil tapi kalau tertarik dengan keindangan mungkin ke Arsitektur.

HAL YANG PALING DI INGAT SELAMA KULIAH APA?

Hal yang paling diinget pertama disemester dua gw sampe nangis, kenapa nangis? karena sama sekali gw gak bisa ngerjain ujian, dan gak paham sama sekali, itu sebenernya belum mulai ujian juga. sampe gw telefon ke nyokap gw, untuk minta maaf kalo emang gak paham, dan terlintas untuk nyerah di semester selanjutnya, hal itu bukan berlaku untuk gw doang, ternyata ada beberapa temen gw yang sama kayak gw, bedanya dia menanggapinya secara santai. walau akhirnya gw harus ngulang entah di semester berapa.

kedua, karena gw masuk Teknik Sipil UNSOED melalui jalur PMDK otomatis gw mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa kecil H1D010006 atau bisa di liat gw nomor 6 dari seluruh angkatan gw. jadi dengan demi kian gw selalu duduk di urutan depan, dan kalo lagi berutung atau banyak angkatan atas ngulang mata kuliah gw mundur sampe di tengah atau belakang, kalo lagi untung wkwkwkwkwk, jadi bisa nyontek.

ketiga, ketika gunung merapi meletus di Yogyakarta, gw yang saat itu ikut-ikutan bergabung di sebuah komunitas mengadakan acara donasi. mau gak mau karena beberapa temen masih ujian gw dan beberapa temen lainnya belanja kebutuhan mulai dari selimut, masker, sampai makanan ringan. disaat yang bersamaan di hari kamis itu gw ada ujian matematika, hanya belajar sekenanya tanpa buka buku karena sibuk aksi sosial, gw langsung ujian, gak kayak Kalkulus yang membuat gw sampe nangis ujian matematika masih bisalah walau gw dapet nilai C waktu iru. nilai C adalah nilai kegalauan, karena kalau bisa akan naik Jadi B atau A tapi kalau gak bisa antara tetep C atau berubah jadi D dan harus ulang kembali, gw putuskan tidak untuk mengulang matakuliah ini. di Kamis sore gw mulai jalan dari Purbalingga ke Jogjakarta dengan halangan sedikitpun, dan di sambut dengan ramah, di data sebagai relawan sehari wkwkwkkwkwwk. gw dan laki-laki yang lain disambut di sekretarian UKM di UGM sedangkan yang perempuan di Kosan beberapa mahasiswa UGM. kenapa UGM karena ketika itu UGM sebagai pusat evakuasi aman. gw gak bisa tidur cuma ngeliatin TV dan berita-berita yang terjadi, dan apa yang terjadi???, saran gw buka deh link di bawah.

keempat ketika pendakian Gunung Prau, dan gw sempat jatoh dan harus merasakan hujan dan tanah gunung yang kayak perosotan. Linknya di bawah ya.

PRESTASI SELAMA KULIAH APA?

Prestasi, Palingan gw sebagai salah satu peserta yang rela dan senang hati menghabiskan maichi level 10 di acara expo HMTS, wkwkwkkwkwkw bukan tapi bener kok di kampus gw gak begitu prestasi bangat.

semala kuliah gw pernah menjadi asisten dosen di matakuliah Gambar Struktur Bangunan, dan menjadi asisten laboraturium dimatakuliah Mekanika Tanah dan Geologi Teknik untuk Program Studi Teknik Geologi.

pernah juga jadi Staff Sumber Daya Mahasiswa di Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS)

pernah jadi panitia Seksi Acara di Temu Wicara Regional Jawa Tengah Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI)

pernah sebagai peserta pada acara PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) mewakili Unsoed

dan penelitian untuk Tugas Akhir di biayai Dosen konsentrasi pada beton tebal 1cm dengan tulangan bambu tebal 1mm lebar 1cm (ini gak salah tulis ya) kalo mau tanya di email aja..

NYESEL GAK MASUK TEKNIK SIPIL?

setelah di atas bilang nyesel, di bawah atau diakhir perkuliahan gw bilang beruntung. dan akan menyesal kalo gw memutuskan untuk menyerah di pertengahan kuliah.

menurut cara pandang kalian soal kehidupan aja si (asik) karena kalo kita gak nerima dan gak bersyukur biasanya gak akan lancar jalannya.

TEMEN-TEMEN DI KAMPUS GIMANA?

temen-temen dikampus luar biasa baik, dan gw merasa beruntung punya teman yang tersebar di seluruh indonesia rumahnya, tapi pas kerja pada kumpul di jakarta wkwkwkkwkwk.

intinya kalo berteman di kampus jangan pelit dalam hal apapun (kalo uang bolah) nanti susah sendiri, dan perlu jaga perasaan mereka karena perbedaan budaya.

BIOSKOP DISANA GIMANA?

Karena gw orang yang terlampau suka dengan Film, jadi kalaukeluar film bagus dikit rada susah untuk nontonnya, alhasil karena di Purbalingga gak ada bioskop sama sekali, mau gak mau gw harus jauh-jauh ke Purwokerto untuk sekedar nonton film. film pertama yang gw nonton disana adalah 5cm ya tau lah tentang apa, yang menarik adalah ketika nonton dan beli tiket, belom ada sama sekali tiket elektronik atau pesen lewat handphone. mau gak mau kalo mau nonton dateng lebih awal, dan rela ngantri juga ikhlas kalo tiket abis. terlebih lagi tiket masih kertas kayak tiket parkir yang warna kuning gitu. dan yang makin terasa perjuangannya adalah ketika gak ada nomor bangku sama sekali, jadi ketika pemberitahuan pintu studio mau dibuka buru-buru deh kedepan pintu dan berebutan masuk, mungkin bagi gw yang sering nonton sendiri gak masalah tapi yang nonton ramean, siap-siap kepisah deh. dan yang uniknya lagi untuk promosi film bioskop, dari pegawainya ada yang bawa mobil keliling Banyumas (termasuk Purwokerto dan Purbalingga), dan tereak-tereak biar orang-orang tau dan ngeliat mereka, bener-bener beda gak kayak di jakarta.

YANG PALING DISESALI SELAMA KULIAH?


hal yang sampai hari ini bikin gw sedikit nyesel adalah gak menikmati hidup selama di Purbalingga, karena diakhir gw tinggal di sana (bukan akhir perkuliahan) gw sama sekali gak nikmati hidup, karena setelah lulus, besoknya gw udah harus balik ke jakarta karena udah kangen jakarta dan beberapa kali balik lagi, tapi nyatanya setelah 2 bulan gw di jakarta dan langsung dapet kerja, entah kenapa gw sedikit nyesel, karena seharusnya gw tinggal cukup lama di Purbalingga untuk perpissahan sama kota yang udah menjadi persinggahan sementara gw selama kuliah, kota yang menjadi kenangan tak ternilai, kota yang menjadi perjalanan hidup gw yang bisa gw ceritakan ke orang-orang, dan kota yang mengajari gw bagaimana bersikap dan menjadi masyarakat dilingkungan.

banyak pelajaran yang bisa gw terima, dan seharusnya bagi gw yang suka dengan fotografi harusnya mengabadikan lebih banyak momen, nyatanya gw gak punya kamera bagus, mungkin lain kali kalau ada kesempatan gw ke Purbalingga lagi gw mau foto sebanyak mungkin mau gw share secepat mungkin.

fyi semenjak gw lulus gw belum pernah ke Purbalingga lagi, tapi kalo ke Purwokerto sekali. dan gw bakalan kangen bangat sama kota itu.

MENURUT LU APA YANG HARUS DIMILIKI MAHASISWA TEKNIK BIAR BISA SURVIVE DI TEKNIK SIPIL?

Ini bukan pertanyaan dari gw sendiri tapi pure dari orang lain, dari temen seangkatan gw, sebelumnya gw sempet posting di instastory dari sekian banyak pertanyaan yang waras cuma ini doang.

sejujurnya gw rada bingung juga harus jawab apa karena memang ini pertanyaan yang cukup sulit, insya allah jawaban sama pertanyaannya nyambung yak. wkwkwkwk

sebenernya yang membuat mahasiswa bisa survive cuma mau berusaha, karena sesulit pelajarannya kalau memang mau belajar pasti mampu untuk melewatinya, setidaknya walau tetap tidak bisa harus mau terima kenyataan, dan jangan terlalu down berkepanjangan. bersyukur dengan nilai yang didapat. 

dan juga perbanyak teman, semakin banyak teman semakin kita dengan mudah untuk mendapatkan banyak ilmu yang kita gak bisa, kita bisa tanya sana sini, minta di jelasin kalau memang penjelasan dosen kurang memadai, atau kalo nugas bisa barengan, setidaknya perbanyak teman dan mau membantu macem timbal balik gitu.

kalau dalam dunia kerja mungkin gak begitu jauh beda, sama halnya dengan teman butuh banyak relasi yang bisa kita manfaatkan.

dan pesan dari gw jangan cepet nyerah dengan semua keadaan, usaha dulu sampe ujung kekuatan lo, mungkin bener buang-buang waktu tapi setidaknya sebuah usaha tidak akan mengkhianati sebuah hasil, kalau kalian gagal juga setidaknya pernah coba dan menjadi bahan pembelajaran untuk diri sendiri. dan yang selalu gw inget ketika dalam keadaan terpuruk adalah "Allah tidak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan hambanya" tinggal tunggu sampe cobaannya mereda dan mencoba lagi, beda sama dosen yang gak mikirin perasaan mahasiswanya.

ini semua adalah sebuah persepsi yang dateng dari diri gw, kalau kalian punya pemikiran sendiri soal pertanyaan di atas dan tidak setuju itu hak kalian, jadi coba untuk menghargai semua pendapat.

akhir kata seperti biasanya TERIMA KASIH

--------------------------------------------------o0O0o--------------------------------------------------

LINK TERKAIT

JADI RELAWAN DI GUNUNG MERAPI YOGYAKARTA

PENDAKIAN GUNUNG PRAU

MAKAN MAICHI TANPA MINUM

instagram :
@alqamarjourney

Email :
fajarvikrialqamar@yahoo.co.id
fajar.vikri2692@gmail.com

Tagar :
#FVAQ #alqamarjourney
.
.
.

F V A Q | alqamarjourney

Lokasi: Jakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar