Senin, 14 Januari 2019

KETIKA KITA MERASAKAN APA YANG MEREKA RASAKAN

oke, jadinya tanggal 13 januari 2019 lalu itu gw sama temen-temen dari karang taruna di tempat gw ngadain donasi ke banten langsung, singkat cerita karena jalan yang terlampau siang jadinya kita hanya memberi bantuan gak lama bercengkrama sama warga disana. 12 jam kita ada di dalem mobil dan sesekali turun cuma untuk lurusin kaki, isi bensin, ke alfamart, toilet dan sholat. sisanya tancap gas.

rencananya memang gw dan temen-temen mau ke desa sumur di banten tapi nyatanya karena desa yang jauh bangat dan gak memungkinkan secara waktu akhirnya kita memutuskan cukup kasih bantuan di desa tanjung jaya, setelah tanjung lesung.

kalau bisa gw gambarkan disana benar-benar blesss total gak ada bangunan, ancur semuanya bahkan sampe rumah aja tinggal kolom dan atap nya aja. dan anak-anak disana benar-benar butuh pengarahan untuk trauma healing dan makanan ringan.




kalau memang gw gak salah menafsirkan dan menggambarkan, jadinya kalau ke desa sumur itu berjarak 2 jam dari tanjung lesung dan untuk menuju kesana tidak semua mobil bisa di cuaca yang hampir setiap hari hujan. karena jalanan yang masih tanah dan licin, jadi hanya mobil; 4x4 aja yang bisa sampai disana hari itu.

karena semua bantuan tertuju ke desa sumur hingga akhirnya desa yang lain tidak mendapatkan bantuan yang sama. bahkan hampir kayak membunuh secara perlahan karena gak ada warung disana bahkan harta benda nganyut. dan bantuan yang ada di desa sumur pun tidak disalurkan menurut cerita warga.


pas gw berenti pinggir jalan semua anak kecil langsung kumpul keadaannya sorry bangat dekil. bahkan ada anak kecil yang sampe segitunya berdoa makasih karena ada bantuan ke desa mereka. mungkin gw saranin aja si yang mau kesana hindari bawa beras terlalu banyak coba bawa makanan ringan untuk anak-anak karena memang mereka butuh cemilan di lokasi. atau makanan cepat saji tanpa di masak karena susah cari kompor.



gak cuma sampe situ pas pulang itu ujan deres parah jarak pandang cuma 2 meter selain itu juga air laut udah masuk ke jalan dan yang membuat lebih parah gak ada lampu jalan karena hancur terkena tsunami.




nah pas jalan juga gw di temani teman gw yang punya 'anugerah' khusus yang bisa melihat mereka, gak cuma satu, tapi dua. jadi banyak bangat cerita di perjalanan gw kali ini. jadi ada anak kecil yang sempet mau curhat sama mereka dan terbawa hingga jakarta. bahkan ketika gak jauh lagi sampe rumah tiba-tiba lagu seventeen - jaga selalu hati mu keputer di radio, sampe akhirnya pecah nangis mereka berdua. bahkan suasana di dalem mobil jadi sedih bangat.

jadi menurut warga sekitar dan mediasi mereka berdua, bahwa air itu datangnya tidak disangka kayak ombak biasa dan gak ada suara apa-apa. listrik seketika mati dan tersapulah mereka semua.

mungkin cerita ini akan sama di blog yang lagi gw tulis juga, dan di blog itu lebih rinci, tapi untuk terbitnya gak tau kapan karena memang masih tahap penulisan, dan gw sendiri yang nulis, untuk link akan gw kasih di bawah.

akhir kata seperti biasa TERIMA KASIH.


--------------------------------------------------o0O0o--------------------------------------------------

LINK TERKAIT


instagram :
@fvalqamm

Email :
fajarvikrialqamar@yahoo.co.id
fajar.vikri2692@gmail.com

Tagar :
#FVAQ #alqamarjourney
.
.
.

F V A Q | alqamarjourney

Senin, 29 Oktober 2018

KULIAH DI TEKNIK SIPIL

Oke sebelum kejudul yang ada diatas, sebenernya gw gak mau tulis Blog lagi sebelum blog tentang Freediving selesai, nyatanya untuk menyelesaikannya susah bangat ngumpulin foto pribadinya, alhasil malah ketumpuk di bawah.

Sebenernya entah kenapa gw lagi suka kepoin tentang kampus gw sendiri, malah ketemu akun-akun mulai dari blog, youtube atau vlog yang lagi mulai naik daun, dllnya.

Sebelumnya blog ini bukan untuk PAMER atau SOK PINTER tapi memang ini yang terjadi

kenapa gak bikin Q n A tentang judulnya di youtube aja??
Pertama, gw gak begitu percaya diri di rekam, apalagi pas ngeliat youtube isinya muka gw, mau ketawa sendiri, kedua gak ganteng (alesan) ketiga gw gak bisa editnya wkwkwkwkwkwkk. sebenernya mau buat vlog tapi terbatas dengan editing jadi maih mengurungkan niat. beberapa hari ini gw nemu banyak bangat vlog tentang Teknik Sipil kampus gw yang buatan angkatan baru-baru ini yang lagi asik-asiknya bangga menjadi masyarakat teknik sipil "SELAMAT" (ketawa jahat).

Tentang judulnya nih sekarang, KULIAH DI TEKNIK SIPIL, yup teknik sipil. kenapa harus teknik sipil? dan bagaimana kuliah di teknik sipil? kesan pesannya kuliah di teknik sipil. oke sekarang kita mulai.

Sekilas masuk menjadi masyarakat Teknik Sipil

sekarang tahun 2018 dan udah 3 tahun semenjak gw Lulus dari Teknik Sipil dan udah 8 tahun gw pertama masuk jadi masyarakat Teknik Sipil, yuppp gw lulus itungan tahun 5 tahun sedangkan sebenernya gw kuliah 4 tahun dan sisanya nganggur karena belom ada acara wisuda.

Gw masuk Teknik Sipil sebenernya lewat jalur PMDK dari SMA, PMDK itu Penelusuran Minat Dan Kemampuan semacem jalur prestasi gitu, gak pake test atau repot-repot nyari kesana kesini, tiba-tiba ada aja surat gw keterima di universitas ini. jadi gw gak mikirin lagi harus universitas mana dimana kapan ujiannya, sampe gw gak mikirin SIMAK UI yang saat itu udah terlanjur bayar pendaftaran, gw cuma masuk ruangan corat coret dan gak keterima wkwkwkwkwkwk, sama halnya dengan UMPTN udah gak mikirin lagi.

jadilah gw terdampar di Purwokerto, sebuah kota kecil nan memikat, dengan hamparan sawah, gunung slamet yang terlukis samar di balik birunya awan, udara nan segar masuk ke relung jiwa hingga. dan semua itu sirna ketika gw sampe rektorat dan dapet info bahwa kampus gw adanya di Purbalingga atau sekitar 21 KM dari Purwokerto, sedikit down iya, beda jauh dengan Purwokerto. Purbalingga cenderung panas, sepi, pasti banyak sawah dan ujan gede dikit mati lampu, iya mati lampu, gw gak mau berkomentar banyak soal ini.

sepulangnya di rumah gw sedikit kecewa karena, ya seperti itu (ini gw skip dulu)

sebenernya jurusan yang gw idam-idamkan adalah :
pertama Dokter Umum, semua sirna karena biaya masuk yang sedikit gak masuk akal mahal bangat. kedua Arsitektur mungkin yang selama ini dalam fikiran gw, dan sayangnya di UNSOED (UNiversitas jenderal SOEDirman) gak ada jurusan Arsitektur, dengan bingung gw masuk Teknik Sipil dengan harapan sama, mendesain sebuah bangunan dan diwujudkan secara nyata, nyatanya Teknik Sipil dan Arsitektur gak sama jauh beda (nanti ya gw ceritainnya). disitu gw merasa menyesal dengan semua keputusan yang gw ambil.

sambil bersujud memohon pertolongan dari Allah SWT hingga air mata berderai untung gak ada azab-azab gitu (ini lebai) udah deh lebai-lebainya langsung ke QnA aja.

KENAPA MASUK TEKNIK SIPIL UNSOED

Kejeblos gak sengaja, karena gak ada jurusan yang di idam-idamkan.



BERAPA BIAYA MASUK TEKNIK SIPIL UNSOED

Biaya masuk seinget gw Rp. 9.750.000 gak sampe sepuluh juta dan biaya persemesternya habis Rp. 1.750.000 untuk semester 1 sampai dengan 6 dan sisanya Rp. 1.250.000 itu karena ada biaya praktikum. dan cara pembayarannya cukup modern dengan cara transfer, gak harus bayar langsung, dan perlu diingat itu harga pas gw masuk kuliah tahun 2010, sekarang udah beda karena UKT.

BIAYA HIDUP SELAMA DI UNSOED

Biaya hidup, di Purbalingga tergolong murah
1. Biaya Tinggal Rp. 2.500.000/ tahun di kamar kos petakan (fasilitas : kamar ukuran 3,5x3 meter persegi, kamar mandi (exclude ukuran kamar) adanya di dalem, kasur, bantal, ranjang, meja belajar, dan lemari disini listrik bayar sendiri sistem patungan perbulan patungan Rp.50.000 karena listrik aktif 24 jam termasuk laptop TV dllnya, gak tau kalau air karena gw gak pernah bayar)
2. Biaya Hidup gw dari orang tua dapet Rp. 300.000/ minggu atau Rp. 1.200.000/bulan cukup murah (karena disana makan dengan Rp.5000 sudah dapet nasi sepuasnya, sayur, sambel dan gorengan sebiji, kalo mau pake ayam atau ikan bisa tambah Rp. 2000, harga bisa untuk pagi dan siang, untuk malam beda harga dan lebih mahal kisaran Rp.10.000 ~ Rp. 15.000 karena makanan warteg udah mulai gak rekomended, selain abis udah dari siang biasanya, uang abis biasanya untuk fotocopy, beli buku, wisata, dan nonton)

bisanya kalo tambahan pengeluaran ya kayak wisata, atau nonton (ada bioskop dong) service motor atau kalo ada pengeluaran mendadak di organisasi.

PARIWISATA DI SEKITAR GIMANA?

sebelum ngomongin yang sedikit pait, coba kita omongin yang manis-manis dulu, kayak kamu iya kamu siapa, gak tau wkwkwkkwkw..

Wisata di Purwokerto itu biasanya gw ke Baturraden, kurang tau juga wisata di Purwokerto karena gw lebih tau di Purbalingga, di purwokerto sendiri palingan ada Alun-alun yang sekarang ada mall besar Rita Super Mall atau Tamara Plaza atau kalo mau belanja bulanan murah di Moro semacem Carefour atau Transmart gitu.

Wisata selanjutnya gw sering ke Pantai Menganti di perbatasan antara Banyumas dan Kebumen itu termasuk Goa Petruk Dll nya. harga masuknya lupa berapa, sekitar 1,5 jam perjalanan lumayan untuk touring rame-rame. Bukan pantai untuk berenang, karena banyak bangat karangnya tapi lumayan buat duduk-duduk di pinggirannya atau warung-warung deket situ, ada mercusuarnya juga dan perkampungan nelayan yang masih tradisional bangat.

Wisata di Purbalingga yang pertama itu gw sering ke Alun-Alun walau gak ada apa-apanya, trus juga sering ke Taman Reptil (cuma sekali), Aquarium Purbayasa (miniaturnya Seaworld Tapi air tawar) gw suka kesini sering malah, karena suka sama ikan, gak cuma itu ada burung, rusa dllnya, kolam renang owabong yang happening bangat waktu itu, semacem waterboom gitu wkwkwkwkkwkw, tapi gw sering ke kolam renang Tirto Asri (Walik) selain murah airnya tanpa kaporit, gw renang disini mulai dari masih jelek sampe sekarang udah berkembang dan bagus. Daerah Serang, bukan Serang Banten ya, tapi emang ada wilayah Serang di Purbalingga, dulu ada kebun strawberry, kalo lagi panen suka banyak di pinggir jalan yang jual murah sekitar 1 jam dari kampus UNSOED, banyak perkebunan sayur semacem di puncak bogor gitu, dari situ kita bisa langsung menuju ke arah tempat wisata Goa Lawa yang terkenal bangat dan enak untuk wisata bareng-bareng temen atau keluarga. kalau curug banyak dan gak inget namanya, sampai ada yang gak perlu bayar masuknya karena masih asri bangat gak banyak orang tau.

atau bagi kalian yang suka dengan rambut palsu dan bulumata palsu, bisa cek atau cari-cari di desa wisata penghasil bulu mata dan rambut palsu. karena Purbalingga terkenal dengan itu semua.

REKOMENDASI MAKANAN

WARUNG NASI

1. Bu Siti, adanya persis depan kampus Teknik sambel ijonya enak
2. BuMur atau Bu Murah katanya tapi gw gak tau deh apa artinya ini beneran murah dan enak banyak jenisnya
3. Boga Sari, karena depan kosan temen (skip)
4. WaPut (Warung Putih) dulu masih pake bilk bambu di cat putih sekarang udah di bata sama di semen wkwkwkwkwk, gak tau namanya apa jadinya, ini warung nasi pertama tempat gw makan bareng keluarga (tongkol dan orek tempenya enak rasanya rumahan bangat)
5. Bu Bohay gw gak ngerti kenapa dinamain kayak gini, disini banyak lauknya jenisnya
6. Warteg Terminal Lama, yang bikin enak ada oseng kerang, kepala ayam di cabeinnya enak
7. Bu Damai, karena ada Wifinya wkwkwkwkkwkw.

TEMPAT MAKAN LAIN
1. Bivack, sampe sekarang masih kangen mau makan, semuanya enak pokoknya
2. Nasi Uduk Terminal Lama, murah, ayam nya gede dan sambelnya enak
3. DEPUS (Depan Kampus) tempat pertama makan dikala malam hari, pecel lele gitu, tapi yang bikin enak lele bakar sama tahu bakarnya.
4. Angkringan Depan Segamas, ini langganan dikala gw gabut kemana-mana
5. Sate Ayam deket taman makam pahlawan, cuma satu2 nya soalnya.
6. Nasi Goreng Kambing, lupa dimana tapi samping jalanan gede gitu, dan rasanya lebih enak, entah nasgor kambing atau nasgor spesialnya.
7. Pecel Lele Alun alun, mahal si tapi enak wkwkwkkwkwkw
8. Ayam Penyet Suroboyo, tau lah dimana tempatnya, rekomendasi dari gw itu lele bakar, oseng kikilnya enak, tapi kalo mau murah enak itu beli paket nasi ayam tepungnya (potongannya gede) trus beli sambel penyetnya.
9. Nasi Goreng Flamboyan, bagi gw nasi goreng ini simpel nya itu nasigoreng biasa cuma ditambah toping, dibilang enak gak begitu tapi lumayan, murah dan banyak.
10. Sop Ayam Klaten Pak Min, enak kalo lagi dingin-dingin gw lebih suka yang uritan.
11. Sate Blater (Samping Pak Min) jadi bisa pesen sekaligus.
12. Sop Duren Kombinasi Pak Kasdi, deket jembatan sungai Klawing (cobain aja deh enak bangat pokoknya)
13. Soto Daging depan SMA 1 Purbalingga, kearah Padamara, murah enak banyak (semboyan anak kos)
14. Bebek Goreng H Slamet
15. Gudeg (entah namanya apa, masuk ke gang gitu) setelah Ayam Penyet Suroboyo deretannya ada gang masuk, nah disitu gak jauh dari masuk.
16. Tahu Gecot makanan khas purbalingga atau banyumas gw gak begitu tau, tapi ini enak buat sarapan, adanya di belakang kosan gw (Kos Kemuning).
17. Wedang Ronde Alun-alun, gw kesini kalo seluruh anak unsoed pada sibuk belajar, enak buat ngegalau gitu.

mungkin segitu aja kalo mau dijabarin semua banyak bangat gw juga udah lupa lokasi pastinya..

AKTIFITAS YANG BIASA DI LAKUKAN KALAU LIBUR

aktifitas, kalo weekday selain kuliah main ke kosan temen biar ada kegiatan atau jalan-jalan keliling purbalingga.

sabtu minggu biasanya gw pagi ke pasar beli kue pasar yang enak bangat, atau ke sunmor gitu beli sarapan, selesai itu gw jalan-jalan terkadang gw suka sendirian jalan ke daeran Serang trus pulang lagi, atau ke purwokerto lewat daerah padamara trus pulang lagi, atau kalo kegabutan yang hqq gw ke banyumas makan di tempat makan gitu, abis itu pulang udah laper lagi. wkwkwkwkwk.
pernah gw ke pantai menganti sama Indah subuh-subuh ketika matahari belom keliatan sinarnya udah ke menganti, pulang-pulangnya gw sakit tipes wkwkwkwkkwk, juga terkadang gw suka renang walau sendirian.
atau nanjak gunung prau, nanti gw kasih link nya di bawah.

SUKA KANGEN KELUARGA GAK?

Kangen Keluarga itu setiap harinya kangen keluarga, 1 tahun pertama adalah masa-masa sulit gw, ini jujur paling sulit, karena disitu gw ngerasa sendiri, gak punya temen dari jakarta atau keluarga, terlebih kalo samping kos ada orang tua yang lagi nengokin dan gw gak, itu rasanya yasudah lah. atau ketika temen-temen pada balik ke rumah dan gw cuma di kosan sendirian, gak punya temen gak ada kegiatan. karena selama gw kuliah nyokap itu nengokin di akhir perkuliahan gw doang, itu pun pas gw sakit saking stress nya kuliah karena selama 1 semester penelitian gw ancur.


PERTAMA KALI KULIAH DI TEKNIK SIPIL


Semacem first impreson gitu ya, jadi pertama kali gw kuliah di teknik sipil itu bingung, kenapa bingung karena gw sama sekali gak tau teknik sipil itu apa, bahkan gw masuk ke universitas ini kan enamg keceblos gitu jadi sampe sekarang pun masih sedikit bingung. tapi untuk overall teknik sipil itu dipilih bagi mereka yang punya mental baja, mau belajar hal baru dan mau bersenang-senang.

MATA KULIAHNYA SUSAH GAK?

susah gaknya kuliah mau dimanapun sebenernya persepsi menurut gw, kenapa persepsi sebenernya susah itu datengnya dari diri sendiri, jujur selama kuliah di teknik sipil, gw belajar serius cuma bisa di itung jari, sisanya cuma gangguin orang belajar, belajarnya gw juga maunya di bacain gw dengerin wkwkwkwkwk (gak tau diri). tapi yang susah itu sebenernya ngalahin diri sendiri, bagaimana caranya kita berfikiran terbuka, bagaimana caranya kita ngelawan rasa males, ngelawan rasa takut dengan soal dan bagaimana kita melawan takut nilainya jelek, soalnya hal gitu yang bikin pas ujian dan pendadaran itu ngeblank.


gw aja cuma dikasih waktu 3 hari seinget gw untuk pendadaran, bayangkan 3 hari semua pelajaran harus masuk ke kepala gw, gw cuma ikutan belajar doang, palingan sama orang-orang dengerin yang lain cuap-cuap karena jelasin pelajaran. diluar itu gw ke Alun-alun makan wedang ronde kalo malem, selanjutnya masuk ruang pendadaran.. kenapa bisa sebegitu beraninya? karena kampus membutuhkan mahasiswa yang lulus untuk menaikkan akreditasinya, mau bagaimanapun kita pasti di lulusin. keren gak pemikiran gw tuh. tapi bener gw orangnya jarang belajar.

kalau dipaksa jawab (lah ini pertanyaan sendiri jawab sendiri) jujur pelajaran teknik sipil itu lumayan susah, harus kuat itungan dan logikanya berjalan, karena semuanya pake logika kenapa bisa begini kenapa bisa begitunya. jadi bagi temen-temen yang mau masuk teknik sipil kudu siap mental (bukan nakut-nakutin) tapi teknik sipil sendiri mengajarkan kita pengetahuan yang gak bisa didapet dengan membaca buku. contoh kita bisa belajar bodyrafting ketika praktikum hidraulika, belajar pake molen ketika praktikum beton, belajar tentang kesabaran di praktikum mekanika tanah untuk konsolidasi, jadi memang hal-hal yang jarang kita lalukan dirumah di teknik sipil bakalan kita lakukan.

MATA KULIAH FAVORIT?

Mata Kuliah Favorit gw itu Gambar Rekayasa (entah namanya apa sekarang yang gambar pake rapidograph semester 1), Gambar Struktur Bangunan (SGB) tugas besar, kenapa tugas besar? karena kita mendesain mulai dari fondasi sampai ke atap (tidak dengan itungan kekuatannya) dan dimata kuliah ini gw juga jadi asisten dosen dongsss.. sama matakuliah Mekanika Rekayasa atau MR 1-4 kalo gak salah tapi sekarang udah berubah jadi Analisis Struktur atau AS 1-3 kenapa?? karena gw gak pernah ngulang di matakuliah ini dari 1-4 wkwkwkwkwkwk.

MATA KULIAH PALING SUSAH APA?

Mata Kuliah Paling susah itu Statistika, wkwkwkwkwk matakuliah yang semua jurusan dapet, kenapa gw gak suka, karena gw dibuat nangis dengan matakuliah ini, dan di semester yang ada matakuliah ini gw dapet IP paling rendah. Nangis? karena gw gak bisa sama sekali.


DOSEN DI TEKNIK SIPIL GIMANA?

Dosen Di Teknik Sipil Unsoed yang gw bahas, semuanya asik selama gw kuliah disana, gak ada yang jahat atau pelit nilai malah kebanyakan mereka memotivasi mahasiswanya, yang gw tangkep adalah karena rata-rata dari kita seangkatan kebanyakan jauh dari orang tua makannya dosen juga menjaga psikologi mahasiswanya.


Just For Your Information aja, gw satu angkatan itu pertama masuk sekitar 80 orang gak sampe 100 orang, makin mendekati kelulusan makin menciut makin dikit, ada yang keluar karena pindah jurusan, pindah universitas, bahkan ada yang putus asa karena kesusahan.

INDEKS PRESTASI PALING RENDAH?

IP paling rendah gw saat itu 2,00 itu karena beberapa mata kuliah gw belom paham sama sekali terlebih kalkulus yang membuat gw sampai nangis (cerita nya nanti yak), namun nyatanya dengan IP segitu gw masih bisa menaikkan IP di semester selanjutnya.

PERBEDAAN ARSITEKTUR DAN TEKNIK SIPIL APA?

sebenernya Teknik Sipil dan Arsitektur itu sama-sama seputar bangunan, sama-sama merancang, sama-sama mendesai, sama-sama menggambar. tapi yang membuat kedua Ilmu ini berbeda adalah konsentrasinya, kalau Arsitektur lebih terkonsentrasi oleh Keindangan bangunan Teknik Sipil konsentrasinya ke kuatan bangunan nya, dari badai, gempa bumi, dan berat bangunannya sendiri. sama-sama mendesain, benar sama Arsitektur mendesain fungsional suatu bangunan sedangkan Teknik Sipil mendesai efektifnya sebuah bangunan. benar sama-sama menggambar tapi beda yang di gambar, kalau kita fokuskan ke gedung misalnya Arsitektur akan membuat desain yang indah meliuk dan segala macemnya, tapi Teknik Sipil akan membuat gambar bagaimana penulangan platnya, atau penulangan kolom atau rangka bajanya dllnya. kalau memang tertarik dengan struktur, mungkin Teknik Sipil tapi kalau tertarik dengan keindangan mungkin ke Arsitektur.

HAL YANG PALING DI INGAT SELAMA KULIAH APA?

Hal yang paling diinget pertama disemester dua gw sampe nangis, kenapa nangis? karena sama sekali gw gak bisa ngerjain ujian, dan gak paham sama sekali, itu sebenernya belum mulai ujian juga. sampe gw telefon ke nyokap gw, untuk minta maaf kalo emang gak paham, dan terlintas untuk nyerah di semester selanjutnya, hal itu bukan berlaku untuk gw doang, ternyata ada beberapa temen gw yang sama kayak gw, bedanya dia menanggapinya secara santai. walau akhirnya gw harus ngulang entah di semester berapa.

kedua, karena gw masuk Teknik Sipil UNSOED melalui jalur PMDK otomatis gw mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa kecil H1D010006 atau bisa di liat gw nomor 6 dari seluruh angkatan gw. jadi dengan demi kian gw selalu duduk di urutan depan, dan kalo lagi berutung atau banyak angkatan atas ngulang mata kuliah gw mundur sampe di tengah atau belakang, kalo lagi untung wkwkwkwkwk, jadi bisa nyontek.

ketiga, ketika gunung merapi meletus di Yogyakarta, gw yang saat itu ikut-ikutan bergabung di sebuah komunitas mengadakan acara donasi. mau gak mau karena beberapa temen masih ujian gw dan beberapa temen lainnya belanja kebutuhan mulai dari selimut, masker, sampai makanan ringan. disaat yang bersamaan di hari kamis itu gw ada ujian matematika, hanya belajar sekenanya tanpa buka buku karena sibuk aksi sosial, gw langsung ujian, gak kayak Kalkulus yang membuat gw sampe nangis ujian matematika masih bisalah walau gw dapet nilai C waktu iru. nilai C adalah nilai kegalauan, karena kalau bisa akan naik Jadi B atau A tapi kalau gak bisa antara tetep C atau berubah jadi D dan harus ulang kembali, gw putuskan tidak untuk mengulang matakuliah ini. di Kamis sore gw mulai jalan dari Purbalingga ke Jogjakarta dengan halangan sedikitpun, dan di sambut dengan ramah, di data sebagai relawan sehari wkwkwkkwkwwk. gw dan laki-laki yang lain disambut di sekretarian UKM di UGM sedangkan yang perempuan di Kosan beberapa mahasiswa UGM. kenapa UGM karena ketika itu UGM sebagai pusat evakuasi aman. gw gak bisa tidur cuma ngeliatin TV dan berita-berita yang terjadi, dan apa yang terjadi???, saran gw buka deh link di bawah.

keempat ketika pendakian Gunung Prau, dan gw sempat jatoh dan harus merasakan hujan dan tanah gunung yang kayak perosotan. Linknya di bawah ya.

PRESTASI SELAMA KULIAH APA?

Prestasi, Palingan gw sebagai salah satu peserta yang rela dan senang hati menghabiskan maichi level 10 di acara expo HMTS, wkwkwkkwkwkw bukan tapi bener kok di kampus gw gak begitu prestasi bangat.

semala kuliah gw pernah menjadi asisten dosen di matakuliah Gambar Struktur Bangunan, dan menjadi asisten laboraturium dimatakuliah Mekanika Tanah dan Geologi Teknik untuk Program Studi Teknik Geologi.

pernah juga jadi Staff Sumber Daya Mahasiswa di Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS)

pernah jadi panitia Seksi Acara di Temu Wicara Regional Jawa Tengah Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI)

pernah sebagai peserta pada acara PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) mewakili Unsoed

dan penelitian untuk Tugas Akhir di biayai Dosen konsentrasi pada beton tebal 1cm dengan tulangan bambu tebal 1mm lebar 1cm (ini gak salah tulis ya) kalo mau tanya di email aja..

NYESEL GAK MASUK TEKNIK SIPIL?

setelah di atas bilang nyesel, di bawah atau diakhir perkuliahan gw bilang beruntung. dan akan menyesal kalo gw memutuskan untuk menyerah di pertengahan kuliah.

menurut cara pandang kalian soal kehidupan aja si (asik) karena kalo kita gak nerima dan gak bersyukur biasanya gak akan lancar jalannya.

TEMEN-TEMEN DI KAMPUS GIMANA?

temen-temen dikampus luar biasa baik, dan gw merasa beruntung punya teman yang tersebar di seluruh indonesia rumahnya, tapi pas kerja pada kumpul di jakarta wkwkwkkwkwk.

intinya kalo berteman di kampus jangan pelit dalam hal apapun (kalo uang bolah) nanti susah sendiri, dan perlu jaga perasaan mereka karena perbedaan budaya.

BIOSKOP DISANA GIMANA?

Karena gw orang yang terlampau suka dengan Film, jadi kalaukeluar film bagus dikit rada susah untuk nontonnya, alhasil karena di Purbalingga gak ada bioskop sama sekali, mau gak mau gw harus jauh-jauh ke Purwokerto untuk sekedar nonton film. film pertama yang gw nonton disana adalah 5cm ya tau lah tentang apa, yang menarik adalah ketika nonton dan beli tiket, belom ada sama sekali tiket elektronik atau pesen lewat handphone. mau gak mau kalo mau nonton dateng lebih awal, dan rela ngantri juga ikhlas kalo tiket abis. terlebih lagi tiket masih kertas kayak tiket parkir yang warna kuning gitu. dan yang makin terasa perjuangannya adalah ketika gak ada nomor bangku sama sekali, jadi ketika pemberitahuan pintu studio mau dibuka buru-buru deh kedepan pintu dan berebutan masuk, mungkin bagi gw yang sering nonton sendiri gak masalah tapi yang nonton ramean, siap-siap kepisah deh. dan yang uniknya lagi untuk promosi film bioskop, dari pegawainya ada yang bawa mobil keliling Banyumas (termasuk Purwokerto dan Purbalingga), dan tereak-tereak biar orang-orang tau dan ngeliat mereka, bener-bener beda gak kayak di jakarta.

YANG PALING DISESALI SELAMA KULIAH?


hal yang sampai hari ini bikin gw sedikit nyesel adalah gak menikmati hidup selama di Purbalingga, karena diakhir gw tinggal di sana (bukan akhir perkuliahan) gw sama sekali gak nikmati hidup, karena setelah lulus, besoknya gw udah harus balik ke jakarta karena udah kangen jakarta dan beberapa kali balik lagi, tapi nyatanya setelah 2 bulan gw di jakarta dan langsung dapet kerja, entah kenapa gw sedikit nyesel, karena seharusnya gw tinggal cukup lama di Purbalingga untuk perpissahan sama kota yang udah menjadi persinggahan sementara gw selama kuliah, kota yang menjadi kenangan tak ternilai, kota yang menjadi perjalanan hidup gw yang bisa gw ceritakan ke orang-orang, dan kota yang mengajari gw bagaimana bersikap dan menjadi masyarakat dilingkungan.

banyak pelajaran yang bisa gw terima, dan seharusnya bagi gw yang suka dengan fotografi harusnya mengabadikan lebih banyak momen, nyatanya gw gak punya kamera bagus, mungkin lain kali kalau ada kesempatan gw ke Purbalingga lagi gw mau foto sebanyak mungkin mau gw share secepat mungkin.

fyi semenjak gw lulus gw belum pernah ke Purbalingga lagi, tapi kalo ke Purwokerto sekali. dan gw bakalan kangen bangat sama kota itu.

MENURUT LU APA YANG HARUS DIMILIKI MAHASISWA TEKNIK BIAR BISA SURVIVE DI TEKNIK SIPIL?

Ini bukan pertanyaan dari gw sendiri tapi pure dari orang lain, dari temen seangkatan gw, sebelumnya gw sempet posting di instastory dari sekian banyak pertanyaan yang waras cuma ini doang.

sejujurnya gw rada bingung juga harus jawab apa karena memang ini pertanyaan yang cukup sulit, insya allah jawaban sama pertanyaannya nyambung yak. wkwkwkwk

sebenernya yang membuat mahasiswa bisa survive cuma mau berusaha, karena sesulit pelajarannya kalau memang mau belajar pasti mampu untuk melewatinya, setidaknya walau tetap tidak bisa harus mau terima kenyataan, dan jangan terlalu down berkepanjangan. bersyukur dengan nilai yang didapat. 

dan juga perbanyak teman, semakin banyak teman semakin kita dengan mudah untuk mendapatkan banyak ilmu yang kita gak bisa, kita bisa tanya sana sini, minta di jelasin kalau memang penjelasan dosen kurang memadai, atau kalo nugas bisa barengan, setidaknya perbanyak teman dan mau membantu macem timbal balik gitu.

kalau dalam dunia kerja mungkin gak begitu jauh beda, sama halnya dengan teman butuh banyak relasi yang bisa kita manfaatkan.

dan pesan dari gw jangan cepet nyerah dengan semua keadaan, usaha dulu sampe ujung kekuatan lo, mungkin bener buang-buang waktu tapi setidaknya sebuah usaha tidak akan mengkhianati sebuah hasil, kalau kalian gagal juga setidaknya pernah coba dan menjadi bahan pembelajaran untuk diri sendiri. dan yang selalu gw inget ketika dalam keadaan terpuruk adalah "Allah tidak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan hambanya" tinggal tunggu sampe cobaannya mereda dan mencoba lagi, beda sama dosen yang gak mikirin perasaan mahasiswanya.

ini semua adalah sebuah persepsi yang dateng dari diri gw, kalau kalian punya pemikiran sendiri soal pertanyaan di atas dan tidak setuju itu hak kalian, jadi coba untuk menghargai semua pendapat.

akhir kata seperti biasanya TERIMA KASIH

--------------------------------------------------o0O0o--------------------------------------------------

LINK TERKAIT

JADI RELAWAN DI GUNUNG MERAPI YOGYAKARTA

PENDAKIAN GUNUNG PRAU

MAKAN MAICHI TANPA MINUM

instagram :
@alqamarjourney

Email :
fajarvikrialqamar@yahoo.co.id
fajar.vikri2692@gmail.com

Tagar :
#FVAQ #alqamarjourney
.
.
.

F V A Q | alqamarjourney

Senin, 02 Juli 2018

SUPERNOVA REVIEW HEXALOGY [FULL SPOILER]


Jujur aja sebenernya masih ada satu postingan yang  belom di posting, tentang selam-menyelam yang menjadi hobi baru gw. Namun sayangnya karena terkendala dengan foto-foto yang tidak kunjung ready karena saking kebanyakan alhasil belum selesai dan bingung harus kerjain yang mana dulu. Postingan terbengkalai karena banyaknya kesibukan yang gw kerjakan, selain kerjaan rutin yang gw lakukan setiap harinya.

Seperti yang diketahui kalo ada yang baca blog gw, gw adalah seorang ambivert atau orang yang mempunyai keperibadian diantara introvert dan ekstrovert jadi gw itu bisa di bilang ‘dan’-nya. Hobi gw selain fotografi memfoto setiap seluk beluk kehidupan, juga suka menyelam sayangnya bukan menyelami kehidupan orang-orang, juga suka nonton film, sayangnya juga bukan menonton kehidupan fana setiap orang yang gw temui setiap manusia yang gw temui. Oh masih ada hobi gw yang lain, jalan-jalan atau traveling, nulis buku, sesuai apa yang gw liat sayangnya kisah cinta gw gak pernah gw tulis saking gak adanya. Dan yang terakhir membaca, bukan membaca garis tangan atau keberuntungan orang yang sayangnya gw bukan dukun apalagi paranormal.

Gw suka baca mulai dari SMP karena keterbatasan dengan keuangan akhirnya gw urungkan untuk banyak beli novel untuk dibaca. ‘Kenapa gak pinjem?’ gw takut punya orang rusak, gw aja gak bisa beli masa pinjem punya orang, kalo rusak gimana gantinya?. Atau ‘kan bisa ati-ati bacanya?’ gak ada kepuasan batin kalo gak memiliki (asikkkk). Puku pertama yang gw beli itu sebenernya buku High School Musical 2, buku yang gw baca sampe berkali-kali (Saking gak punya buku yang lain) dan filmnya udah gw tonton berkali-kali juga. Buku selanjutnya gw beli buku Harry Potter 7 The Deathly Hallows yang bagi gw harganya super mahal sekitar Rp. 370.000 itu pun beli karena dapet arisan di kelas. Dan selanjutnya gw lupa buku apa aja yang gw beli karena udah lumayan banyak.

Buku yang akan gw certain sebenernya buku yang gw beli sekitar tahun 2015 ketika gw baru masuk kerja setelah lulus dan punya gaji sendiri akhirnya gw beli buku ini satu set langsung yang jumlahnya 6 buku atau hexalogy, 99 BAB, 2500 lebih lembar yang penuh dengan fantasi, ilmu pengetahuan dan sastranya.

Buku karya Dee Lestari Supernova, buku pertama Kesatria, Putri dan Bintang Jatuh ; Buku Ke-2 Akar; Buku Ke-3 Petir; Buku Ke-4 Partikel; Buku Ke-5 Gelombang dan Buku ke-6 Intelegensi Embun Pagi. Sebenernya gw sedikit bingung mulai dari mana karena terlalu panjang untuk membahas semua buku ini, mungkin gw akan bahas pengalaman gw selama baca buku ini.



Menurut gw buku ini adalah buku yang gak mudah, gak simple, gak semua orang mau baca apalagi mengingat buku berseri panjang sampai 6 buku yang diantaranya ada dalam 1 buku hanya 2 keping (bagian dalam buku atau biasa disebut BAB atau Chapter). Kenapa bisa gw bilang bahwa buku ini gak mudah dan gak simple, yang pertama jelas bahwa seorang Dee Lestari tidak mungkin untuk membuat karya yang mudah ditiru orang lain. Buku yang isinya tentang perjalanan orang-orang ajaib, kenegeri yang entah ada atau tidak, menembus batasan fikiran manusia, disambungkan dengan sains dan sastra, juga cerita yang luas, hubungan antar tokoh nya sambung menyambung seperti Indonesia luasnya luar biasa, juga konflik yang kian buku kian rumit dan rapat. Mungkin alasan diatas yang membuat teman-teman seperbukuan gak mau baca.

BUKU PERTAMA SUPERNOVA : KESATRIA, PUTRI DAN BINTANG JATUH



Pengarang : Dee Lestari
Negara : Indonesia
Bahasa : Indonesia
Genre : Fiksi Ilmiah & Roman
Penerbit : Truedee Books (Bandung)
Rilis : 2001
Halaman : XII, 231 Halaman

Entah kenapa buku ini adalah buku yang paling lama gw selesaikan, perlu waktu dua tahun, iya dua tahun dari 2015 baru selesai di tahun 2017 akhir. Mungkin karena buku yang isinya fisika kuantum, bahasa yang amat sangat tinggi, juga tokoh yang bisa di bilang membingungkan menurut versi gw si.

Dengan sekuat tenaga dan mood baca yang dipaksakan, gw coba untuk memulai membaca walau gak semulus pantat bayi tetep gw usahakan baca. Dan dilembar terakhir gw langsung sujud syukur karena selesai baca satu buku. Sampai di ujung kalimat gw habiskan tutuo buku simpan kembali.

Tokoh di buku pertama ini sebenarnya tokoh kunci dari serial ini, ada Reuben dan Dimas, Sebagai pasangan manusia kepribadian menyimpang a.k.a GAY, mereka berencana untuk membuat sebuah buku gabungan antara fikiran sains reuben seorang yang jenius dan Dimas sang penulisnya (kalau gak kebalik si) sebagai hari jadi mereka entah ke berapa saking gak nyimak bangat.

Buku ini berlatar di Jakarta, walau tidak tertulis langsung namun terasa dengan tokohnya sebagai pemilik perusahaan. Serta bisa dilihat dengan mudahnya di film dengan judul yang sama. Ferre, Rana, Arwin dan Diva, sebenernya ini cerita perselingkuhan dan tusuk menusuk dari belakang, kisah sensasional, kontroversional bangat pokoknya (menurut gw ya). Rana dan Arwin mereka pasangan suami istri, sedangkan Ferre temen Arwin di lain cerita Rana suka dengan Ferre yang merasa nyaman dengan adanya Ferre. Dimasa kecil Ferre suka dengan dongeng Kesatria, Putri dan Bintang Jatuh, didalam cerita ini muncul sosok Diva yang gw inget dia pelacur disini yang rumahnya persis di depan rumah Ferre dan entah gimana Ferre suka dengan Diva yang tiba-tiba di ending buku ada sosok Gio. Nah Cuma segitu doang yang gw tangkep sebenernya.

Makna dari buku dan review tentang buku ini sebenernya gw sedikit bingung harus makna nya apa dan review nya apa selain selingkuh doang, wkwkwkwkkwkw (efek keseringan liat lambe turah). Udah selesai buku ini.

BUKU KE DUA SUPERNOVA : AKAR



Pengarang : Dee Lestari
Negara : Indonesia
Bahasa : Indonesia
Genre : Fiksi Ilmiah, Roman & Petualangan
Penerbit : Truedee Books (Bandung)
Rilis : 2002
Halaman : X, 262 Halaman

Nah untuk buku kedua dari serial Supernova ini yang menurut gw lebih ringan untuk dibaca, kenapa lebih ringan gw bilang, karena selain lebih tipis bukunya juga gak terlalu ilmiah bangat. Bagi yang baru mau mulai baca gw lebih menyarankan untuk memulai dari buku kedua ini, namun tidak direkomendasikan karena kalau sudah mulai pasti terus sampai buku terakhir, sedangkan dalam semua buku serial Supernova ini, buku pertama adalah kunci semuanya. Pasti bakalan bingung nantinya.

Buku ini cerita tentang seorang pemuda laki-laki bernama Bodhi entah dia dilahirkan bagaimana namun diceritakan bahwa Bodhi ini diasuh oleh biksu bernama Liong. Bagi yang suka dengan petualangan ke berbagai Negara mungkin cocok buku ini, karena Bodhi disini berpetualang di Asia Tenggara demi mencari jati dirinya sendiri. Disini juga diceritakan bagaimana Bodhi bisa mendapatkan Paspor yang notabenenya tidak punya identitas diri. Bodhi bertemu dengan seorang tattoo artist bernama Kell, disinilah cerita bermula ketika Kell entah mengapa memberi pelajaran mentatto kepada Bodhi, hingga akhirnya Bodhi bertemu dengan Star perempuan cantik yang mau di tattoo oleh bodhi sebagai pelanggan pertamanya didaerah yang (mungkin baca sendiri aja ya).. entah kenapa Kell yang ramah kepada semua perempuan (punya banyak istri dimana-mana yang menyokong perekonomiannya) tidak terlalu suka dengan Star ini.

Diceritakan juga bahwa Bodhi harus berpisah dengan Kell, dan harus kerja di segitiga emas, yang ternyata ladang Narkoba, harus memanen Ganja dan berbagai jenis Narkoba dengan bayaran yang tidak sedikit. Hingga akhirnya Bodhi punya cukup uang dan pergi dari tempat itu, berpisah dengan Kell adalah hal paling menyedihkan untuk Bodhi, selain Kell adalah mentor bagi Bodhi Kell juga ibarat keluarga bagi Bodhi. Bodhi akhirnya bertemu dengan Kell, saat perjalanan menumpang mobil melewati ladang ranjau, yang ternyata pertemuan terakhir Kell dengan Bodhi, sekaligus kell memintanya untuk menatto tubuh Kell dengan peralatannya yang diwariskan kepada Bodhi kemudian.

Buku ini berlatar belakang bermula di Malang, hingga mengelilingi Asia Tenggara, namun fokus utama diluar Indonesia lebih di Laos dan Thailand.

Buku ini gw habiskan membaca dalam 3 hari, seperti semula buku ini ringan, tidak terlalu ilmiah dan entah bagaimana rasanya Dee Lestari sudah mengunjungi tempat itu, penjelasan yang begitu rapat dan detail. Kalau gw yang baca rasanya memang gw ditarik dalam kisahnya, ikut alurnya, bagaimana rasanya menjadi tokoh didalamnya.

BUKU KE TIGA SUPERNOVA : PETIR



Pengarang : Dee Lestari
Negara : Indonesia
Bahasa : Indonesia
Genre : Fiksi Ilmiah
Penerbit : AKOER – Andal Krida Nusantara
Rilis : 2004
Halaman : X, 203 Halaman
ISBN : ISBN 979 98229-0-4

Setelah lepas dari kisah Bodhi  banyak orang yang gw tanya pasti mau lanjut ke kisah selanjutnya. Untungnya gw udah punya semua bukunya, gak harus tunggu apa-apa.

Buku Petir ini sebenarnya bercerita tentang seorang perempuan yang suka dengan adanya hujan dan petir. Berlatar belakang di kota bandung, Seorang anak dari pemilik usaha service elektronik, yang bingung kenapa bisa dan bagaimana. Elektra nama seorang perempuan yang menjadi tokoh utamanya, memiliki kemampuan menyetrum orang, punya kakak bernama Watti dan ayah Bernama Dedi Wijaya. Semeninggal ayah Elektra karena penyakit stroke kehidupan Elektra menjadi berbalik, Watti yang memutuskan untuk menikah dengan laki-laki yang memiliki agama yang beda dengan mereka dan diboyong ke papua, ayah Elektra yang mewariskan hutang yang lumayan banyak sedangkan mereka dalam kondisi tidak bagus, rumah besar yang butuh perbaikan dimana-mana juga barang bekas yang menumpuk menjulang di rumahnya adalah masalah yang timbul.

Elektra sebelumnya harus pergi ke dukun yang menyebabkan petaka karena korban kedua yang diestrum Elektra, yang sebelumnya teman gereja Elektra dan Watti di setrum. Hingga akhirnya Elektra bertemu dengan Mpet dan Bu Sati siapa mereka???.

Bu Sati adalah perempuan penjual barang-barang perdukunan, yang percaya dengan kekuatan spiritual dllnya. Bu Sati menjadi mentor Elektra untuk mengendalikan Listrik yang keluar dari tubuhnya, hingga menjadikan Elektra seorang yang bisa menyembuhkan penyakit menggunakan metode setrum listrik. Setiap ada permasalahan Elektra selalu datang ke rumah Bu Sati bahkan sampai harus meminta makan kerumah Bu Sati.

Mpet adalah penyelamat hidup Elektra dan pendiri Elektrapop, Elektrapop adalah WARNET bukan tempat dugem gitu, Cuma namanya aja. Elektra menyediakan tempat, sedangkan Mpet yang menyediakan barang-barangnya. Ketegangan terjadi ketika Elektra membuka tempat pengobatan alternative yang menggunakan area bermain playstation. Hingga akhirnya Mpet pergi entah kemana yang membuat Elektra harus kembali lagi kerumah Bu Sati.

Sebenarnya apa hubungannya Bu Sati, Mpet dan Elektra? Mungkin sejalannya tulisan ini akan terjawab.

Buku ini sebenarnya lebih ringan lagi jalan ceritanya juga banyak humornya karena mungkin maksud Dee Lestari membuat buku ini adalah sekedar membangun konflik, tokoh dan cerita, hanya ada 2 keping di buku ini sama dengan Akar. Buku ini juga perpaduan antara kisah percintaan dan masalah keluarga, perjuangan Elektra mencari penghasilan sampai diending buku gantungnya luar biasa. Namun hal ini yang membuat buku-buku Dee Lestari menjadi Best Seller.

Di tahun 2004 sampai dengan tahun 2012 Dee tidak mengeluarkan seri Supernova namun tetap mengeluarkan beberapa buku, entah apa alasannya namun hal ini yang membuat pembaca setia seri Supernova menggila hingga akhirnya di tahun 2012 Dee Lestari mengeluarkan lanjutan seri Supernova.

BUKU KE EMPAT SUPERNOVA : PARTIKEL



Pengarang : Dee Lestari
Negara : Indonesia
Bahasa : Indonesia
Genre : Fiksi Ilmiah
Penerbit : Bentang Pustaka
Rilis : 2012
Halaman : VII,500 Halaman
ISBN : ISBN 9786028811743

Ini adalah buku yang terpisah jauh dari kakak nya beda 7-8 tahun lalu muncul kembali entah apa tujuannya, namun yang perlu di bahas pada buku ini adalah keluar lagi ilmiahnya seperti di buku pertama KPBJ. Selera humornya hilang, karena isinya penuh dengan cekcok keluarga. Bahasanya pun mulai sedikit lebih berat. Ada beberapa kejadian yang harus diingat pada buku ini, karena akan terbawa sampai akhir seri nanti.

Buku ini bercerita tentang seorang anak bernama Zarahh atau yang berarti partikel (sama seperti judulnya). Orang tua Zarahh adalah manusia yang di besarkan secara bersamaan, dalam satu rumah dan dalam satu orang tua. Bukan berarti mereka adik kakak satu kandungan, namun ayah Zarahh adalah anak angkat. Ibu dan ayah Zarahh saling mencintai, walau tau akan di tentang oleh kakek Zarahh namun kenyataannya semua berjalan sesuai dengan rencana. Zarahh punya 1 orang adik bernama Hara. Zarahh dan Hara mendapatkan pendidikan yang jauh berbeda diantaranya Zarahh tidak sekolah formal seperti kebanyakan orang namun mendapatkan pelajaran yang cukup mempuni, selain diluar pelajaran agama. Keluarga mereka adalah keluarga terkemuka karena agama dan akhlaknya yang bagus. Namun entah kenapa Zarahh tidak di ajarkan, sedangkan Hara seperti anak kebanyakan. Namun nyatanya Zarahh menjadi anak yang kuat dan cerdas, punya cara pandang tersendiri dan berani mengambil keputusan.

Diwilayah tempat Zarahh tinggal dikota Bogor desa Batu Luhur ada sebuah bukit yang bisa dibilang angker, tidak banyak orang yang datang, maupun mendekatinya. Hanya ayah Zarahh yang pernah datang kesana bersamanya. Namun kejadian terjadi ketika ayah Zarahh tidak kembali setelah sekian lama berada dibukit itu. terkadang ayah Zarahh memang pulang dengan keadaan yang kotor dan memperihatinkan, namun kali ini tidak.

Hal tersebut yang menjadi kilas balik kehidupan Zarahh. Semeninggal ayahnya mau tidak mau Zarahh harus mengikuti apa kata ibunya yang sangat menurut kepada orang tuanya. Zarahh diharuskan sekolah seperti kebanyakan anak. Namun kenyataannya Zarahh tidak bisa melupakan kejadian yang membuat ayahnya tiada, dan percaya bahwa ayahnya masih hidup dengan anggapan di bawa oleh makhluk dari planet lain.

Zarahh akhirnya memiliki seorang teman disekolah yang mampu melupakan sedikit kejadian yang menimpa ayahnya. Disekolahpun Zarahh adalah sosok yang dapat menentang gurunya ketika mengajar, dan seringkali tidak sependapat dengan gurunya hingga akhirnya selalu menimbulkan masalah yang membuatnya hampir dikeluarkan dari sekolah.

Zarahh menemukan jurnal milik ayahnya yang tidak sengaja ditemukannya didalam kamar pribadi ayahnya, hingga akhirnya dibakar oleh ibunya yang merasa muak dengan Zarahh kala itu.

Hingga akhirnya Zarahh mendapatkan sebuah kamera yang menjadi keinginannya sejak lama namun tidak pernah bisa mendapatkannya. Entah siapa yang mengirimnya, dituliskan bahwa sudah melalui beberapa Negara untuk sampai ke tangan Zarahh. Zarahh kenal seorang yang bisa mengajarinya fotografi dengan baik seorang kakek-kakek yang menjadi tukang foto keliling.

Entah bagaimana Zarahh memenangkan sebuah lomba dimajalah yang memuat fotonya, bahkan tidak ada yang merasa mengirim fotonya dengan hadiah ke penakaran orang hutan di tanjung puting Kalimantan. Disana Zarahh mendapatkan keluarga baru yang memang tidak dia dapatkan di tempat tinggalnya. Hingga akhirnya Zarahh memutuskan untuk menetap di situ, melupakan kehidupannya di tempat tinggalnya yang dulu. Beberapa tahun Zarahh tinggal akhirnya Zarahh mendapatkan sebuah pekerjaan diluar ekspektasinya, menjadi fotografer alam liar yang dapat mengelilingi dunia dengan gratis dibayar dan membahayakan.

Zarahh teringat dengan ayahnya mengapa dia memutuskan berhenti mencarinya. Hingga akhirnya Zarahh mendapatkan petunjuk dan bertemu dengan ayahnya dan hal tersebut yang membuat Zarahh kembali ke Indonesia.

Buku ini sebenarnya lumayan rumit dan berat si karena berkaitan dengan ilmu mikrologi ya semacem itu lah. Membahas tentang jamur dan kunci yang harus di ingat Zarahh. Memang dibuku ini kunci kedua setelah buku pertama, karena pertarungan terakhir terjadi dilokasi yang sama. Mungkin banyak pertanyaan dibuku ini apakah benar ayah Zarahh meninggal?, atau apa kaitannya semua tokoh dibuku ini? atau sebenarnya yang jahat siapa? Semuanya akan menimbulkan pertanyaaan seperti itu.

Hal yang kurang gw suka dengan buku ini adalah ketika sosok Zarahh yang dengan mudahnya melepas keperawanannya di London dengan laki-laki yang ditemuinya. Dee disini juga menceritakannya dengan sangat detail termasuk ketika pacar Zarahh harus mencuci seprai yang terkena darah. Entah fikiran gw yang menghayal terlalu jauh tapi memang terlampau detail Dee menulisnya.

Adegan yang paling gw suka ada dibuku ini ketika Zarahh harus pergi meninggalkan tanjung puting dan melepaskan orang utan yang sudah diasuhnya sekian lama. Dan bagusnya buku ini disertai dengan illustrator makhluk-makhluk lain planet itu.

BUKU KE LIMA SUPERNOVA : GELOMBANG



Pengarang : Dee Lestari
Negara : Indonesia
Bahasa : Indonesia
Genre : Fiksi Ilmiah
Penerbit : Bentang Pustaka
Rilis : 2014
Halaman : 492 Halaman
ISBN : ISBN 9786022910572

Buku Gelombang karya Dee Lestari ini sebenernya rada asing ketika di baca karena latar tempat dan bahasa serta nama-nama mengikuti kebudayaan Batak, mengambil latar di sekitar danau toba hingga ke amerika dan Tibet.
Konflik pada buku ini bermula ketika seorang anak bernama Ichon atau bisa dipanggil Alfa atau nama pangjangnya Thomas Alfa Edhison Sagala, mengikuti sebuah ritual yang diadakan di desa mereka atas permintaan seorang yang sedang berperang politik. Upacara Gondang yang menggunakan arwah leluhur ternyata membuat Alfa atau Ichon mengaktifkan kekuatan yang dimilikinya. Si Jaga Portibi, sosok tinggi hitam yang sangat ditakuti oleh Ichon yang membuat hidupnya seketika menjadi tidak normal lagi menurutnya. Mimpi yang seharusnya membuat tubuh rileks ini membuat dia merasa terbunuh. Hingga akhirnya Ichon diberikan sebuah batu yang dianggapnya sebuah jimat oleh sesepuh setempat.

Hingga akhirnya Ichon beserta kedua kakak dan kedua orang tuanya harus pindah ke Jakarta, hal terebut dikarenakan kedua orang tua Ichon yang sadar dengan pendidikan anak-anaknya. Ayah Ichon sebagai kepala rumah tangga memiliki banyak hutang karena pekerjaan yang tidak menentu dan gaji yang dihasilkan tidak setara dengan pengeluaran untuk pendidikan ketiga anaknya.

Awal mula ketika Ichon ke New York adalah ketika kakak tertua tidak berani untuk diajak bekerja New York karena bahasa inggrisnya yang kurang bagus. Hingga akhirnya Ichon seorang anak kecil yang berani menantang hidup diluar Indonesia memutuskan untuk berangkat dengan pamannya untuk bekerja sekaligus belajar di New York.

Selama di New York Ichon tinggal dengan orang Indonesia juga dan berbahasa batak pula (Kalau tidak salah), dengan lingkungan yang kurang bagus, gangster yang kala itu berkuasa membuat Ichon harus keluar bangunan apartemen tempat tinggalnya dengan hati-hati dan tidak terlihat. Ichon tersingkir dan hampir tidak diterima karena soal agama yang dianutnya. Pemilik rumah memeluk keyakinan Kristiani, sedangkan Ichon masih memeluk kepercayaan leluhur asli batak, hingga akhirnya anak dari pemilik rumah tidak terima dan hampir membuang batu jimat yang diberi tetua kampungnya.

Ichon menjadi seorang pria yang sangat cerdas di ajak bekerja dengan gaji yang membuatnya bisa keluar dari rumah tersebut. Membayar semua hutang ayahnya dan mengirimkan beberapa uang untuk keperluan di Indonesia.

Ichon yang selama hidupnya tidak merasakan tidur nyenyak akhirnya datang kesebuah klinik yang menangani masalah tidur seperti insomnia yang di rekomendasikan oleh seseorang yang ditemuinya di rumahsakit. Hingga akhirnya Ichon bertemu dengan seorang dokter yang dianggapnya seorang anak sekolah karena selalu ada lollipop di mulutnya dan berpakaian seperti anak sekolah kebanyakan. Hal tersebut membuat Ichon harus pergi ke Tibet dikarenakan benang merah yang berhubungan dengan dirinya seketika memberinya petunjuk harus kesana untuk bertemu seseorang yang dapat membantunya.

Lembah Yarlung Tibet, adalah lokasi dimana dia bertemu dengan mentornya yang membuatnya menyukai mimpinya dan dapat mengendalikan mimpi dan mengetahui siapa dan harus bagaimana dia.

Sebenarnya buku ini sedikit berbeda dengan kebanyakan buku Supernova lainnya. Buku ini sebenarnya bisa dibilang menjadi dua bagian, pertama Dee membangun konflik dan mengenalkan tokoh kunci yang membuat mereka semua dapat menuju tujuannya. Kedua bahwa akhirnya semua tokoh mulai bertemu saling mencari dan saling tau sebenarnya fungsi mereka apa. Dibuku ini juga di perkenalkan kelompok Infiltran, Sarvara dan Peretas. Penjelasan gampangnya Infiltran adalah yang baik yang melindungi Peretas atau Hanrbinger. Sedangkan Sarvara adalah yang harus membunuh Peretas menggagalkan mereka untuk membentuk hexagonal.

Bahasa yang digunakan dibuku ini kebanyakan bahasa asing untuk kepercakapannya diluar bahasa inggris-amerika ada footnotenya, namun untuk inggris-amerika siap-siap untuk membuka kamus kalau memang bahasa inggris kalian tidak baik. Gak cuma itu, kalau di KPBJ (Seri pertama) lebih keilmiah, dibuku ini adalah awal mula dunia fantasi bermula. Dunia fantasi disini bisa dibuktikan secara ilmiah dan masih masuk akal, tidak terlalu tinggi namun melebar jadi harus mulai jeli untuk bacanya. Dari sini juga semua tokoh yang pernah ada dibuku sebelumnya berkumpul, bersatu mereka semua mempunyai misi, mempunyai fungsinya masing-masing, dan siap-siap untuk menumpuk semua buku Dee supernova didepan kalian kalau memang bingung tinggal buka aja. Seperti contohnya Kell yang harusnya sudah mati dibuku Akar, dibuku Gelombang dia duduk sebelahan dengan Alfa di pesawat kok bisa?. Dan juga yang melewatkan buku KPBJ, siap-siap untuk bingung kenapa bisa? Siapa dia? Sebenernya gimana si? Siapa supernova?. Banyak pertanyaan dibuku ini, fungsinya untuk membangun cerita dibuku selanjutnya.

BUKU KE LIMA SUPERNOVA : INTELEGENSI EMBUN PAGI



Pengarang : Dee Lestari
Negara : Indonesia
Bahasa : Indonesia
Genre : Fiksi Ilmiah, Romace, Petualangan
Penerbit : Bentang Pustaka
Rilis : 2016
Halaman : 724 Halaman
ISBN : -

Buku terakhir yang katanya, loh katanya? Baca deh bukunya.

Buku Intelegensi Embun Pagi ini sebenernya sesuai dengan isinya, embun yang datang dan hilang dengan sendirinya, Embun hanya butiran tanpa makna namun kalau tidak ada seperti tidak lengkap.

Buku ini sebenernya adalah lanjutan nyata dari semua buku, terkadang kalau kita baca buku karya Dee sebelumnya terkesan hanya menceritakan setiap tokoh, putus lalu melanjutkan ketokoh selanjutnya. Nah dibuku itu semua cerita dijadikan satu.

Setelah mendapat petunjuk dari upacara Ayahuasca di Lembah Suci Urubamba, Gio berangkat ke Indonesia. Di Jakarta, dia menemui Dimas dan Reuben. Bersama, mereka berusaha menelusuri identitas orang di balik Supernova. Mungkin bagi yang belum baca buku KPBJ akan sedikit bingung dengan nama Dimas dan Reuben, ditambah nanti ada nama-nama selanjutnya yang menjadi nama karakter dalam buku Dimas dan Reuben.
Di Bandung, pertemuan Bodhi dan Elektra mulai memicu ingatan mereka berdua tentang tempat bernama Asko. Sedangkan Zarahh, yang pulang ke desa Batu Luhur setelah sekian lama melanglangbuana, kembali berhadapan dengan misteri hilangnya Firas, ayahnya. Hingga akhirnya Gio mencari keberadaan Zarahh, atas rekomendasi teman mereka di amerika. Apakah benar ayah Zarahh hanya hilang??? Atau ayah Zarahh meninggal???  Namun dimana jasadnya, disini akan dijelaskan secara terperinci. Hingga akhirnya Gio melihat sesosok Laki-laki keluar dari gerbang yang hanya dapat dibuka oleh peretas. Termasuk disitu ada Istar atau Star (Dalam buku Akar dan Gelombang) Sati (dalam buku Petir Simon (dalam buku Partikel) mereka siapa?.
Sementara itu, dalam perjalanan pesawat dari New York menuju Jakarta, teman seperjalanan Alfa yang bernama Kell mengungkapkan sesuatu yang tidak terduga. Dari berbagai lokasi yang berbeda, keterhubungan antara mereka perlahan terkuak. Identitas dan misi mereka akhirnya semakin jelas. Kell (dalam buku Akar) bukannya Kell sudah meninggal terkena ranjau kenapa satu pesawat dengan Alfa???.
Saran gw untuk skip bagian ini dan langsung masuk ke akhir aja, untuk kalian yang gak suka dengan spoiler, karena ini begitu full spoiler walau diatas spoiler juga si..
Disini semakin jelas siapa Peretas, Infiltran dan Sarvara. Sebelumnya gw akan menjelaskan siapa Peretas, Infiltran dan Sarvara
Sarvara adalah orang yang dapat mati dan hidup kembali disatu waktu (Peretas Bisa hidup kembali di setiap siklus dan amnesia) tidak amnesia, dengan tugas menggagalkan misi yang dibawa Peretas, tokohnya :
Simon – dalam buku Partikel yang mempunyai salinan jurnal Firas (Ayah Zarahh) dan membuat Zarahh kembali ke Indonesia karena bermimpi kakeknya meninggal
Sati – dalam buku Petir, mentor Elektra yang sebenarnya orang yang menutup kemampuan Elektra karena tau siapa Elektra, namun tidak bisa membunuh Elektra
Isthar/Star – dalam kenyataannya Isthar adalah adalah dewi kesuburan, cintaperang, dan seks [1] dalam pantheon bangsa Babilonia dan Asiria, di Mesopotamia. Ia dapat disamakan dengan dewi Inanna bangsa Sumeria dan juga dewi Astarte bangsa Semit. Star adalah Sarvara terkuat yang pernah ada dan paling ditakuti oleh infiltran, dalam buku Akar dan Gelombang.

Infiltran adalah sama halnya dengan Sarvara namun bedanya mereka orang yang melindungi Peretas, namun pantangan bagi mereka adalah tidak boleh memberitahu peretas siapa mereka dan apa fungsinya harus peretas sendiri yang menyadarinya. Tokohnya :
Kell – dalam buku Akar dan Gelombang selalu bertolak belakang dengan Star/Ishtar.
Dr. Kalden – dalam buku Gelombang yang membantu Alfa mengendalikan mimpinya.
Pak Kas – Dalam buku Partikel Orang yang mengajari Zarahh mengambil foto yang baik.
Liong – Dalam buku Akar sebagai pengasuh Bodhi
??? – Lupa pastinya ada yang perawakan seperti orang jawa

Pengumban adalah orang yang membantu Infiltran dalam melawan Sarvara.

Peretas atau Harbinger Orang yang mempunyai misi khusus dalam hidupnya, hal tersebut yang menjadi alasan kenapa mereka hidup dan mati secara terus-menerus. Orang yang rela lahir, mati dan amnesia selalu berenkarnasi kembali dengan nama kode dan tugas yang sama.
Bodhi – Peretas Kisi (Bodhi bisa tau mana Peretas, Infiltran dan Sarvara dengan jejak yang hanya bisa dilihat Bodhi) kode Akar
Elektra – Peretas Memori (dalam bukunya Elektra bisa menyembuhkan orang dan menyetrum orang yang gw tulis namun sebenarnya fungsi Elektra adalah menyentuh setiap Peretas lainnya untuk membuat mereka semua tersadar atau ingat dengan fungsi dan tujuan mereka) Kode Petir
Zarahh – Peretas Gerbang (menghidupkan portal, hanya Zarahh yang bisa menghidupkan portal diseluruh dunia) Kode Partikel
Gio – Peretas Kunci (Gio beda dengan yang lainnya, kalau yang lainnya dibuatkan buku oleh Dee Lestari Gio hanya masuk sebagai Cameo atau pemeran pembantu disemua buku yang tujuannya mencari Diva yang hilang, namun sebenarnya Gio adalah Kunci dari gerbang/Portal yang dihidupkan oleh Zarahh, mereka semua bisa masuk dan keluar harus dengan Zarahh dan Gio) Kode Kabut
Alfa – Peretas Mimpi (ini adalah karakter yang kemampuannya paling gw suka, Alfa adalah orang yang membangun Asko semacem Arsiteknya, dia tau dimana lokasi tiap portal yang dibangunnya, dan portal bayangan yang sengaja dibuat sebagai pintu darurat kalau portalnya hancur, Alfa juga bisa merasakan jika Dunianya diserang hingga hampir hancur karena ulah Istar/Star, hingga akhirnya harus ada yang dikorbankan demi mencapai Peretas Puncak, dan kalian tau siapa yang dikorbankan)
??? – Peretas Puncak (untuk melengkapi Haksagonal anak dari Gio dan Zarahh) Kode Permata

Namun ada gugus lain yang dibahas di buku terakhir karena nyatanya di dunia ada 64 gugus yang harus diaktifkan bersamaan. Namun untuk fungsinya dalam buku tidak terlalu dijelaskan.
Mpet/Toni – Kode Foriks (Mpet/Toni membantu mereka untuk memenangkan Asko yang hampir hancur karena Ulah Istar/Star, dia juga yang membantu membuat Supernova membangun megaserver yang seketika diretas, Mpet juga berfungsi sebagai pelengkap disemua gugus dan membantu, namun tidak bisa mencapai keadaan puncak, makannya dalam buku harus menunggu peretas puncak)
Firas – Kode Murai (Firas ayah Zarahh, sebenarnya ayah Zarahh sudah meninggal di bukit jambul, hal tersebut diketahui oleh Gio yang mengendap-ngendap mengikuti Zarahh yang dibawa oleh Sarvara untuk mengaktifkan portal, namun terlihat ada yang keluar dari dalam portal Seorang laki-laki yang diketahui adalah Firas, dibahas pula seorang Peretas ketika menginggal bisa menjadi Sarvara dengan kemampuan khusus pula, dan dibuku terakhir hanya dibahas sampai sini, tidak dilanjutkan mungkin akan dilanjutkan dibuku selanjutnya yang entah ada atau tidak)
Bong/Chandra – Kode Bulan (Saudara Toni)
Ferre – Kode Kesatria (Nah ini yang tadi gw cerita kenapa KPBJ adalah buku kuncinya, karena semua tokoh di buku Intelegensi Embun Pagi ini semua dikeluarkan. Sedangkan Ferre hanya semua Tokoh dalam buku Dimas dan Reuben, kenapa mereka menjadi Peretas, sebenarnya siapa Dimas dan Reuben sampai bisa membuat cerita yang begitu sama mungkin ini ada dalam buku lainnya yang dijanjikan Dee untuk dibuatkan buku tersendiri)
Rana – Kode Puteri (nah sama halnya Ferre, Rana juga ada dalam buku Dimas dan Reuben yang ditulisnya)
Diva – Kode Bintang Jatuh (Diva adalah orang yang membuat Gio bertemu dengan Mpet, Dimas dan Reuben hingga Gio menerima empat buah batu yang diketahui adalah batu milik gugusnya hingga akhirnya bertemu dengan Zarahh dan yang lainnya.
 Saran gw lanjut kesini ....
Buku ini mempunyai makna terdalam bagi Dee Lestari yang dalam penulisannya Mak Suri ini sampai menangis untuk menyelesaikan akhir dari buku ini, sama halnya gw yang sampai nangis untuk membaca setiap lembarnya. Berisi tentang kerja sama, pantang menyerah dan pasrah, semua ada dibuku ini. kenapa gw bilang seperti itu???. karena disini kerena hidup mereka tidak akan sama lagi setelah mereka memulai semuanya. Ada yang harus dikorbankan siapa? Semua ada dibuku, silahkan untuk dibaca. Dan apakah benar hanya sampai sini? Menurut gw harusnya gak, karena misi terakhir mereka tidak sama sekali selesai, malah mereka harus menunggu hingga Perentas Puncak lahir. Lahir??? , iya lahir dari Gio dan Zarahh sebagai Peretas Kunci dan Gerbang. Mereka bersatu bisa membuka gerbang menuju Asko (termpat mereka berkumpul menjadi segienam). Namun entah ini tujuan maksuri atau bangaimana yang pasti buku ini belum selesai. prediksi saya sama halnya dengan buku Akar dan Partikel yang punya selisih jarak 7-8 tahun, mungkin untuk meredakan kejenuhan Dee atau pembacanya dibuat jangka waktu yang cukup lama lagi. Namun bagi gw itu strategi yang bagus, menginat buku ini bagus dan perlu beberapa saat orang mau membaca dan menyelesaikannya. Mungkin Dee ingin mereka membaca sampai selesai baru ada gerbrakan di akhir.
Buku ini adalah buku yang layak dibaca walau pada buku pertama menurut gw gak terlalu rekomendasi namun buku KPBJ sekali lagi adalah kunci dari semua buku ini, jadi wajib dan harus di baca biar gak bingung. Dan yang perlu di perhatikan lagi bahwa buku ini akan menjadi candu yang luar biasa setelah membacanya, bahkan sampai sebulan lebih setelah gw selelsai membaca entah kenapa merasa perlu dan harus ada lanjutannya, karena kalau putus kayak begini bakalan sedikit mengecewakan menurut gw. Dan ke-kepo-an kalian akan menaik 200% lembar demi lembarnya, dan gak akan mau berhenti baca. Karena sekali lagi buku ini adalah buku fiksi ilmiah yang bagus, semua masuk diakal tidak terlalu dibuat-buat walau sebenarnya ini adalah dunia yang dibuat oleh Dee Lestari.
Karena ketika gw dateng acara Launching buku Aroma Karsa Dee Lestari pernah bilang pemetaan untuk buku Supernova sungguh ajaib dan luar biasa besarnya. Gw setuju dengan itu karena kalau digambarkan hubungan antar tokohnya bakalan melebar kemana-mana. Dan ini adalah buku seri terbaik dalam negeri yang pernah gw baca.
Sampai saat ini gw sedang baca buku seri Bumi karya Tere Liye, dan disini terlihat bahwa Karya Dee memang lebih unggul dan lebih masuk di akal karena penggambaran Lokasi, keadaan tokoh, dan fantasinya bagus masuk diakal dan tidak terlalu tinggi, namun memang buku karya Dee ini memiliki bahasa yang lumayan susah banyak yang ilmiah, banyak bahasa dan serasa baca buku jaman dulu, membuka tiap lembarnya benar-benar berlapis-lapis loncat sana sini. Sedangkan karya Tere Liye lebih kearah bahasa baku yang tidak sampai, fantasi yang keterlaluan sampai susah masuk diakal dan penulispun susah untuk mendetailkan, namun buku Tere Liye bagus dalam mendeskripsikan kejadian tiap tokohnya, dan terlalu cepat membangun struktur klimaks dari buku. Entah mungkin beda sasaran pembacanya kalau Tere Liye lebih ke remaja sedangkan Dee Lestari Remaja-Dewasa. Sekian
note : ini semua sesuai dengan ingatan setelah baca semua buku, bukan ambil dari tempat lain, dan ini semua pendapat gw, jadi kalau emmang punya pendapat dan persepsi yang berbada bisa dimaklumi, dan kalau ada salah cerita, salah lokasi, salah nama bahkan sampai salah masukin review buku dimaklumi ya terimakasih.