Senin, 30 November 2015

Entah Kenapa Kepikiran Nulis Ini (Gunung Prau)

Sebenernya perjalanan ini sudah 45.792.000 detik atau 763.200 menit atau 12.720 jam atau 530 hari atau 76 minggu atau 18 bulan atau lebih tepatnya 1,5 tahun yang lalu namun kenangan ini tetap tersimpan rapih di tempatnya.
Gunung prau adalah salah satu gunung yang tidak aktif di kawasan daratan tinggi dieng – wonosobo – jawa tengah..

Sekarang gw dalam keadaan sudah lulus dari universitas udah dapat gelar sarjana dan dapet 2 huruf tambahan di belakang gw huraiiiiiii………….. jadi sekarang nama gw Fajar Vikri Al Qamar ST… Petualangan gw nanjak gunung prau ini pas masih kuliah di Universitas Jenderal Soedirman. Asalnya gw gag pernah di izinin sama nyokap untuk naik gunung karena badan gw yang sedikit besar (sedikit = pikir aja sendiri) ngerinya malah kenapa2 di jalan. Mungkin karena gw terlalu suka dengan nonton film 5cm tentang nanjak2 gunung itu.

Pas hari kamis memang gw tau kalo temen2 gw pada mau nanjak gunung, gw Cuma berfikiran bahwa buang2 energi aja karena hari itu memang gw udah gag ada ujian mendingan gw tidur di kamar kos leyeh2 nonton dvd dan siap2 untuk pulang ke jakarta, mungkin allah mau ngasih tau siapa gw sebenernya dan ketika menjelang pukul 9 malem mulailah keinginan gw membulat untuk ikut. Akhirnya gw ngeluarin segala pernak-pernik mulai dari tas bodypack gw isi sama p3k siapa tau butuh di dalemnya udah ada obat-obatan, piso kecil, gunting, perban sampe kain lebar pun ada.. selanjutnya gw bawa baju ganti beberapa, jaket gunung yang tebel, senter sampe celana dalem what!!!!!!!!!!!!!!!!!!....

Jumat pagi….

Hari keberangkatan pun tiba, beberapa orang masih harus ujian jadinya gw harus nungguin dulu sambil ngecek2 peralatan mulai dari tenda 2 biji, matras super banyak, tas gede,kompor, gas, sampe alat masaknya di cek semua.
Jam 10 pagi = belom ada yang pulang
10.15 = pada gelisah
10.30 = mulai telfonin
10.45 = kesel sampe ubun-ubun
Dan pas jam 11 siang oke kita jalan ke dieng wonosobo dan di perparah itu hari jumat yupsss sebagai umat muslim yang baik kita harus sholat jumat.

Jujur ini adalah kali pertama gw naek gunung karena alesan di atas, gw gag pernah naik gunung.
Karena hari jumat dan kita semua adalah anak-anak soleh kita putuskan untuk sholat jumat di jalan. Dan selesai pukul 12.30 langsung ke alun-alun banjarnegara untuk makan siang.

ini kita pas makan siang di alun-alun banjarnegara

Jam 16.00 kita sampe di kawasan dieng dan di basecamp gunung prau di daerah petak banteng untuk langkah awal naik ke gunung prau.

kurang lebih ini jalur pendakian sampe di puncak

Sebelum naik ke puncak kita beli perbekalan dulu karena dari purbalingga kita Cuma bawa beras doang supaya meminimalisir bawaan selama di motor saat itu. yang dibawa air mineral 1,5 liter 8 botol itu untuk naik selama disana dan turun serta untuk masak karena diatas gag ada sumber air sama sekali, lanjut beli indomie sebagai teman makan, sosis siap makan dan roti2an untuk sekedar ngemil.  Langsung aja selesaiin administrasi kita sampe akhirnya jam 17.30 kita baru keluar basecamp dan mulai nanjak..

sebelum mulai nanjak dari kiri ada ojan, putri, gw, eka (yang poto pele)

Penanjakan kali ini kita dibagi berdasarkan 2 kelompok kelompok pertama nanjak jam 17.30 gw, putri, mirza (pele), eka, ojan pertama mulai kita langsung di hadang oleh tangga semen yang super banyak baru sampe ujung tangga teratas gw udah memutuskan nyerah sama putri karena memang gw gag terbiasa untuk nanjak begitu banyaknya tangga. Untung saat itu emang mereka yang terbiasa bias semangatin gw akhirnya gw mulai lagi..
Kita pun magrib di tengah hutan itu bener2 pengalaman paling berharga bagi gw,  baru kali itu gw merasa kecil bangat untuk sholat langsung di tengah hutan tanpa penerangan, beratapkan langit berbintang beralaskan tanah yang bagi gw sama sekali asing bangat, bahkan untuk wudhu kita harus tayamum disana, selepas sholat kita pun istirahat sebentar  dan mulai dari magrib barulah pengenalan jati diri bermula dan saat itu jalan betul2 nanjak di pijakan tanah dan hutan..
Dan pada saat itu juga gw baru tau siapa diri gw.. bener kata banyak artikel ‘kalo emang mau tau siapa sahabat lo, lo harus bawa ke hutan’ ya gw tau siapa gw saat itu.. pertama gw gag bias bawa barang gw sendiri ke atas sana karena terlampau berat bagi pemula bagi gw bahkan bagi gw bawa berat badan sendiri aja gw hampir gag mampu, dari bawah sampe atas tas gw di bawain.. kedua gw baru tau temen-temen gw itu baik bangat walau gw ngerasa gag enak sama mereka. Dan selama perjalanan gw ngerasa bersalah bukan karena apa karena bawaan gw yang cukup lebay..
Dan pengalaman paling berharga lainnya adalah ketika malem hari di tengah hutan dingin gag ketulungan tanjakan tanah dan HUJAN PETIR ya H-U-J-A-N bertambah lah tantangannya air mulai turun dari atas tanah mulai licin dan petirnya kenceng bangat.. dan saat itu juga gw tau siapa gw disaat kaki gw keram 2 kali dan gw harus bisa sampe atas saat itu juga.. dari mulai loncat-loncat, jalan di bantu tangan – sampe ngerayap di tanah gw lakuin semuanya dan ketika terlihat daratan mulai rata gw gag tau harus gambarinnya gimana karena itu keren bangat gw ngerasain yang selama ini gw pengenin..
Sampe puncak gw jam 9 malem dimana bersamaan kelompok 2 jalan dari bawah karena harus nungguin yang belom dateng. Mulai dari bangun tenda sampe gw masak aer dan ujung2nya tenda depan gw yang ngasih aer panas karena putri udah gag tahan sama sekali gemeter parah. Suhu saat itu ada sampe 13 derajat dan itu super dingin bagi gw. Setelah tenda berdiri barulah mulai masak nasi, indomie dan yang lainnya. Dan anehnya disana gw sama sekai gag mau makan banyak bukan karena takut boker atau apa tapi gag tau kenapa saat itu mungkin karena terlampau dingin.
Kelompok 2 gabung di puncak jam 12 malem isinya indah, azhar, triyatno beserta pacar.. dan gag berenti sampe situ mulai jam 1 malem angin mulai kenceng dan suhu sampe hamper minus 2 menurut perkiraan gw. Gag Cuma sampai kepada angin dan suhuyang dingin bangat,  tapi kelompok ke 2 yang kepikiran sampe bawa bedcover kayak mau pindahan dan untung lah gw bisa ikutan nganget 2in di situ.. hhhhhhaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa……
Dan pertunjukan utama pun dimulai ketika jam 3 pagi yuppp golden sunrise gunung prau dengan samudra di atas awannya dan ciptaan alam yang berdiri tinggi yaitu gunung sindoro, sumbing, merapi, merbabu…

golden sunrise (udah kesiangan)

kalo diperhatiin bisa liat 4 puncak gunung disana

Kalo gw bisa gambarin itu bisa di bilang indah bangat… kalo lo bisa ngebayangin (kalo bisa loh ya) di bagian atas warna biru tua – lanjut biru muda – sedikit warna ungu – oren tua – oren muda – sampe akhirnya warna kuning its amazing…
Oke lanjut….
Gag Cuma sampe situ doang masih ada cerita selanjutnya.. dimana dalam keadaan dari purbalingga ke dieng nanjak prau  gw gag tidur sama sekali dan gw harus turun pula..

salah satu lembah di gunung prau

Gw turun dari puncak sekitar pukul 7 pagi yupppp di puncak jam 7 pagi udah terang benderang dan relative panas menurut gw..
Sebelum pulang kita sempetin poto-poto dulu ngapain susah-susah gag poto benerkan??.. kalo diliat dari petanya ada yang namanya bukit teletubies yang kalo nonton diperut tingkywinky-dipsy-lala-poo ada tipinya kalo gw gag ada loh ya...

lahan yang di pake buat diriin tenda ini jam 7 pagi

ini yang namanya bukit teletubies ditutupi rumput yang asik bangat

puas dengan poto2 kita semua siap2 bebenah dari yang lipet tenda sampe mungutin sampah kita untuk di bawa pulang.. kenapa dibawa pulang??? kan kita harus menjaga kebersihan walau dimana pun... kan gag ada yang liat??? mungkin gag ada yang liat tapi kalo lo mau terus liat hal seindah itu lo harus jaga kebersihan walau gag diliat orang.

ini adalah salah satu bukti gw kotor2an pas naik gunung dan lucunya pas mau pake jaket bahan polar yang basah dan gw jemur diluar ada esnya

persiapan kita mau pulang

Jalan turun sebenernya indah bangat lo bisa liat telaga warna, telaga pengilon semua kawasan dieng plateau dehh pokoknya untuk saat itu gw baru sadar gw udah tinggi bangat diatas gunung dan pusing karena tinggi. pas nanjak gw gag pusing yuppp itu malem dan semua hitam gelap..

tuh buktinya yang biru danau warna samping nya pengilon diatasnya kawah sikidang

Perjalanan turun bisa dibilang cukup cepat dari nanjaknya dan sisa dari hujan semalam pun masih terlihat tanah masih lembek berlumpur mau gag mau gw yang masih amatiran kelas kakap ini turun dengan berseluncur ria..

bukti gw berseluncur ria

jalan turunnya kayak perosotan waterboom

Pantat pun kotor sama tanah dan gw mau coba dong turun berdiri (jalan) dan ternyata gw melakukan kesalahan lagi. Dengan membawa tas (gw mulai bisa bawa tas sendiri) gw salah injek batu dan bammmmmm gw guling2an dari atas turun ke bawah untung ada indah yang bisa narik gw dan ternyata allah masih ngasih gw pertolongan dimana seorang indah bertubuh mungil kurus gw taksir tingginya 160-an bisa narik gw yang punya tinggi badan 172 cm(bener ini) berat ehemmmm 1 ¾ karung beras 50kg(mulai boong)itu bener2 mukzizat kalo gag di tarik mungkin gw udah masuk ke jurang di samping nya..

selesai gw jatoh teguling-guling (jangan perhatikan kelingking gw)

ekspresi gw setelah jatoh

Dan satu hal yang harus di ketaui yang suka sama minum banyak gag usah terlampau lebay diatas sana keabisan minum dan terpaksa bawa minum segalon dari bawah karena selama gw disana gw jarang bangat minum sekalinya minum dikit dan itu bisa karena udara yang dingin dan air yang dikeluarkan sebagai air kencing malah gag jadi hhhhhaaaaaaa…
Dengan pelajaran itu gw mulai ati2 gag banyak bercanda tapi yupppp gw masih suka capean dan dikit2 berenti istirahat dan minum.

ini hampir semua tim 1 dan 2 yang kembali bergabung untuk jalan pulang dari kiri azhar, ojan, gw, yeni, triyatno, indah, eka

Hingga pada akhirnya gw bisa sampe ke basecamp kembali sekitar jam 11 siang dan langsung pulang ke purbalingga..
Dan sampe purbalingga jam set4 sore dan alhamdulilah sampe saat ini gw masih mau untuk nanjak gunung walau banyak orang yang selalu underestimate sama gw karena gag percaya bernah naik gunung..
Dan gw bener2 terimakasih sama temen2 gw yang mau bantu gw sampe puncak.  Dan bantu gw untuk bisa ngerasain nanjak gunung dan yang gw rasa gag semua pemuda mau untuk ngelakuin itu. Dan sekarang adek gw yang mulai ngerengek mau nanjak prau karena temen2 nya pada kesana..
Mungkin itu sekelumit kisah gw yang gag berarti karena jujur bahwa gw gag pernah punya bayangan untuk bisa sampe ke puncak salah satu gunung di Indonesia walau gw punya keinginan. Tapi keinginan kuat gw bisa buat gw sampe atas sana di gunung prau dengan ketinggian gag seberapa 2.565 DPL. Dan sampe sekarang hanya itu yang bisa gw banggakan dari diri gw. Dan gw selalu bilang bahwa keinginan yang kuat pasti dapat mematahkan larangan ibunda.

poto yang lainnya

ini gw sama salah satu orang yang mau bawaiin tas gw sampe puncak

golden sunrise

another golden sunrise

awan puncak prau

samudera diatas awan

dapet salam dari pohon puncak prau

ketika ngalay melupakan kelelahan

dipuncak bukit teletubies

tuh yang namanya indah dan bayangkan dengan gw

duo semangat naik gunung yang ujung2nya dibawain tasnya

dimana gag ada yang mau ngalah untuk motoin

manusia yang berjasa bawain tas gw sampe puncak selain pele

perempuan yang berjasa bawain tas ke puncak

ini salah satu orang yang bawain tas gw (pele) gw males ngebahas panjang lebar hhhhhaaaaa....

Setiap perjalanan hidup memang berbeda setiap orangnya tergantung bagaimana orang tersebut memaknainya. Ini asalah momen terindah bagi hidup sebagai manusia pencari ilmu dibidang teknik sipil Universitas Jenderal Soedirman. Walau ini yang pertama namun masih berharap untuk bisa mengulanginya ditempat berbeda. Perjalanan ini adalah perjalanan diri yang penuh dengan semangat, kemauan, kerja keras, dukungan, perjuangan dan doa ini semoga menjadi kenangan yang akan diceritakan kepada setiap orang sebagai bentuk kesombongan diri. Dan tetaplah menjasi kisah klasik yang akan terus dikenang dan dapat disombongkan. Dan terimakasih kepada semua untuk memori yang indah tanpa mengenal lelah sedikitpun serta dorongan yang sangat berarti sebagai seorang amatir yang penuh  dengan keinginan namun sulit untuk mendapatkannya. Kita telah menuliskan cerita dibawah derasnya hujan, kelamnya hutan serta indahnya langit pagi hari. Perjalanan hati pendakian gunung prau 2565 dpl yang tak sebegitu tingginya namun terkesan Dieng-Wonosobo-Jawa Tengah-Indonesia, 13-14 Juni 2014.FVAQ

mungkin ini gw yang lebay atau gimana dan kelompok pertama naik pada inget atau gag pas naik yang udah gag ada vegetasi cuma ada tanah selepas hujan itu ada mas-mas pake celana pendek rambut panjang topian dia nolongin kita waktu nanjak dari nyenterin semangatin sampe rela boong kalo dikit lagi sampe. dan itu mas-mas perasaan gw dari bawah sampe atas selalu ada dia dan dia selalu duluin kita dan ada di belakang lagi.. gw gag tau si dia siapa yang pasti makasih bangat buat mas-mas itu dan sekelompok mas-mas dari daerah cilandak jakarta yang naik gunung prau juga tendanya depan tenda kita yang udah ngasih aer panas dan bantuin pasang tenda..
terimakasih semuanya atas perjalanan yang hebat bahkan sampe sekarang gw masih berasa baru kemaren tidur di kosan.. dan nyatanya sekarang gw udah lulus kerja juga..

insta : @fajaralqamar (#fvaq)